Ini Lho, Efek Putus Cinta Bagi Pikiran! | Breaktime
Ini Lho, Efek Putus Cinta Bagi Pikiran!
18.03.2016
“It’s painful to say goodbye to someone that you don’t want to let go. But it’s more painful to ask someone to stay if you know they really want to go.” – Anonymous.

Putus cinta seringkali dianggap neraka bagi setiap pasangan. Kesenangan, tawa, serta kebahagiaan seakan menghilang ketika putus cinta. Bahkan, tak sedikit pula yang memilih mengakhiri hidupnya. Bagi sebagian orang, putus cinta mungkin mengerikan, tapi tidak bagi yang lain. Tapi, bagaimanapun akan selalu ada efek putus cinta bagi pikiran.

Depresi setelah putus, normalkah?

Ini Lho, Efek Putus Cinta Bagi Pikiran! | Breaktime
Marah, sedih dan depresi bisa saja terjadi pada Anda

Saat putus cinta, kemarahan dan kesedihan merupakan perasaan normal yang biasanya muncul. Perasaan kehilangan orang yang dicintai, serta perubahan mendadak pada kehidupan, menjadi pemicu utama munculnya rasa marah dan sedih tersebut. Bahkan, seringkali akan menyalahkan diri sendiri. Lantas, bagaimana dengan depresi?

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Abnormal Psychology, satu dari lima remaja menderita depresi karena putus cinta. Bahkan, depresi ini bisa berkembang menjadi deprsi berat saat remaja.

Penelitian tersebut, bisa dibilang sebagai bukti bahwa love is a drug. Sebagian orang mungkin bisa mengendalikan dirinya ketika terlepas dari obat. Tapi, sebagian yang lain akan mengalami ketergantungan parah dan menyebabkan nyeri fisik, sulit tidur, gelisah, depresi, putus asa, serta pikiran untuk bunuh diri.

Depresi yang terjadi ini, mungkin bisa diatasi dengan tepat. Namun, tak jarang pula berlanjut dan memicu kesedihan, menurunkan kemampuan berkonsentrasi dan ketertarikan akan hal-hal lainnya. Intinya, efek putus cinta bagi pikiran, bukanlah sesuatu yang sederhana.

Cara mengatasi depresi setelah putus

Ini Lho, Efek Putus Cinta Bagi Pikiran! | Breaktime
Habiskan lebih banyak waktu dengan teman

Mengatasi depresi akibat putus cinta haru diawali keyakinan dari dalam diri. Lakukan hal-hal berikut untuk memulai hidup baru yang lebih menyenangkan:

  • Cari waktu untuk berolahraga selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu. Berolahraga, dapat meningkatkan kadar serotonin yang membuat Anda merasa lebih bahagia serta dapat meningkatkan suasana hati.
  • Tingkatkan kehidupan sosial Anda, baik bersama keluarga ataupun teman-teman dekat untuk membangun kembali kehidupan Anda. Perbanyak intensitas pertemuan dan komunikasi dengan orang lain adalah yang terbaik.
  • Perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Beberapa orang akan melampiaskan depresi pada makanan, untuk itu perhatikan kembali apa yang Anda konsumsi, B’timers.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan efek putus cinta bagi pikiran. Yang terpenting adalah apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya. Jadi, cobalah yakin pada diri Anda sendiri, B’timers. (dfr)

Share This Article