Ini Karir Yang Tepat Untuk Kepribadianmu! | Breaktime
Ini Karir Yang Tepat Untuk Kepribadianmu!
20.07.2017

Bagi sebagian orang, mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi di era sekarang ini dengan persaingan yang semakin ketat. Tapi bukan hanya itu, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian juga sangat sulit. Ini berlaku untuk B’timers yang baru saja lulus dari perguruan tinggi. Anda pasti akan berlomba mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan, kan?

Nah, untuk memudahkan pekerjaan apa yang cocok untuk Anda, berikut Breaktime akan menjabarkan pekerjaan atau karir yang berkaitan dengan kepribadian Anda. So, B’timers juga harus mengenal seperti apa diri Anda. Kira-kira Anda termasuk yang mana, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengubah Karir? 5 Hal Berikut Bisa Anda Lakukan!

Tipe Intelektual

Jika Anda termasuk dalam tipe ini, Anda pasti akan memiliki karakteristik analitis, khususnya pada hal-hal yang bersifat penelitian dan hobi memecahkan masalah. Anda juga cenderung mempertanyakan sesuatu dan berusaha memecahkan teka-teki dari hal-hal yang bersifat abstrak. Sebelum mengambil sebuah keputusan, Anda suka mengumpulkan banyak informasi terlebih dahulu. Kriteria keberhasilan Anda juga bersifat objektif dan bisa diukur. Anda memerlukan wakt yang cukup lama untuk memecahkan sebuah masalah.

Nah, untuk orang-orang yang masuk dalam tipe intelektual ini, pekerjaan yang cocok antara lain periset, peneliti, pengembang perangkat lunak, ahli fisika, ahli sains, psikolog, dosen, dan pustakawan.

Tipe Realistis

Kalau tipe yang ini biasanya suka dengan hal-hal yang praktis dan berorientasi pada penerapan langsung. Anda juga bisa diandalkan dalam keterampilan khusus. Tak hanya itu, tipe realistis juga lebih lugas dan mengesampingkan teori. Orang dengan tipe ini memiliki kelebihan kecakapan khusus, koordinasi motorik yang kuat, dan fisik yang luar biasa. Hanya saja tipe realistis kurang dalam kecakapan verbal dan kepekaan dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Lalu pekerjaan apa yang cocok untuk Anda yang masuk dalam tipe realistis? Anda bisa mencoba melamar sebagai seorang teknisi, mekanik, insinyur, penerbang, operator mesin, pengawas bangunan, atau ahli listrik.

Tipe Konvensional

Tipe ini lebih suka bekerja dengan berkas dan angka yang teratur. Anda yang masuk dalam tipe ini termasuk orang yang nggak cepat bosan untuk melakukan hal berkelanjutan. Kata lainnya adalah orang-orang yang teratur, rapi, tertib, efisien, sistematis, dan rinci. Mereka akan menghindari situasi yang tidak jelas.

Ini Karir Yang Tepat Untuk Kepribadianmu! | Breaktime
Salah satu pekerjaan untuk tipe realistis
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seimbangkan Karir dan Cinta? Bisa Kok! Ini Tipsnya

Tipe ini lebih cocok menjadi seorang staf administrasi, sekretaris, perencana keuangan, pengolah data statistik, pegawai arsip, akuntan, banker, dan yang berhubungan dengan pemberkasan. Apakah Anda termasuk?

Tipe Sosial

Dari namanya saja sudah jelas bahwa orang dengan tipe ini lebih suka menolong dan menyukai kegiatan yang membuatnya berinteraksi dengan banyak orang. Mereka adalah sosok yang mudah bergaul, berbicara, responsif, bertanggung jawab, berjiwa sosial, dan lebih perasaan. Ahli dalam membuat kesepakatan dengan orang lain.

Harusnya mereka mencoba karir menjadi seorang pengajar, pekerja sosial, konselor, misionaris, terapis, perawat, mediator, atau penasihat.

Tipe Enterprising

Jelas tipe ini lebih suka memimpin dan mempengaruhi orang lain. Mereka akan menghindari pekerjaan-pekerjaan yang harus melakukan observasi dan ketelitian. Mereka juga mudah beradaptasi dengan lingkungan, suka tantangan, persaingan, dinamis, ambisius, dan nggak suka mengerjakan hal-hal detail. Hanya saja mereka sangat suka dengan hal yang sifatnya besar.

Karir yang sesuai ya menjadi seorang pengusaha. Namun, Anda juga bisa mencoba menjadi seorang sales, marketing, pengacara, politikus, manajer, dan aktivis lingkungan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lebih Penting Mana, Kejar Karir atau Sekolah Lagi, nih?

Tipe Artistik

Tipe yang terakhir ini adalah sekumpulan orang-orang kreatif dengan imajinasi dan intuisi yang tinggi. Mereka lebih menghindari aktivitas yang rutin dan berulang. Tipe artistik ini senang mengekspresikan diri dan jauh dari kata teratur atau keadaan yang menuntut penampilan fisik. Orientasi mereka adalah pada cita rasa, perasaan, dan imajinasi.

Pekerjaan yang sesuai adalah sebagai seorang desainer, pelukis, komposer musik, editor buku, sutradara, penyair, artis, dan segala hal yang berkaitan dengan seni.

Nah, dengan panduan karir yang sesuai dengan kepribadian Anda, bisa lebih mudah untuk Anda yang ingin mencari pekerjaan. Pada dasarnya, memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian akan sangat berpengaruh pada berbagai aspek. Salah satunya adalah kesehatan. Itu terjadi karena Anda akan terus merasa senang dengan apa yang Anda lakukan. Saat Anda memutuskan berinvestasi dengan bekerja sesuai passion, maka otomatis Anda juga berinvestasi untuk hidup yang lebih sehat. Setuju? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE