Ini Dia Caranya Agar Anak Mau Mendengarkan Anda | Breaktime
Ini Dia Caranya Agar Anak Mau Mendengarkan Anda
15.12.2015

Anak-anak sering tidak menuruti perintah untuk segera bersiap ke sekolah, matikan TV, bereskan kamar, letakkan pakaian kotor di keranjang. Anda mungkin akan menghabiskan berjam-jam hanya untuk menyuruh mereka meletakkan gadget saat makan. Yang semakin membuat Anda jengkel, mereka mengacuhkan Anda! Dan teriakan bahkan tidak berpengaruh sama sekali pada putra putri Anda.

Hari-hari di rumah selalu dipenuhi dengan kegaduhan seperti itu, karena anak-anak tidak mau mendengarkan apapun yang Anda katakan atau perintahkan? Well, Anda tidak sendiri. Sebelum berharap buah hati mendengarkan kata-kata Anda, pastikan lebih dulu untuk mendengarkan mereka.

Anak-anak merupakan bentuk cerminan dari orang tua mereka. Jadi jangan heran ketika orang tua tidak pernah punya waktu untuk mendengarkan cerita mereka, mereka pun akan enggan meluangkan waktu untuk mendengarkan Anda. Dengan menghargai mereka dan menyempatkan untuk mendengar apapun yang mereka katakan.

Bagaimana cara menghargai mereka? Sebenarnya sangat mudah, B’timers. Berikut informasinya:

Berikan perhatian penuh

Ketika mereka datang sementara Anda sedang sibuk menyiapkan makan malam, misalnya. Hentikan aktivitas dan lakukan eye contact, lalu dengarkan mereka.

Ini Dia Caranya Agar Anak Mau Mendengarkan Anda | Breaktime
Sebagai orang tua, selalu sediakan waktu untuk mendengarkan cerita buah hati

Beri tanggapan

Saat mereka mengeluh tentang teman di sekolah karena tidak mau meminjamkan alat tulis, tanggapi cerita mereka. Meskipun hanya 1 kata, seperti “Oh” atau “Hmm”.

Identifikasi perasaan

Apapun yang mereka katakan, pasti menyimpan perasaan buah hati Anda. Identifikasi apa yang mereka rasakan, dan beri nama.

Jika putra putri sudah mulai mau mendengarkan kata-kata Anda, tetap usahakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Dan sebisa mungkin hindari berteriak. Seandainya mereka berada di ruangan lain sekalipun, jangan menjadikannya alasan untuk menggunakan suara keras. Perlu Anda ketahui, dengan suara keras tidak berarti mereka akan mendengarkan. Justru sebaliknya.

Karena itu, sebaiknya hampiri mereka, dan ungkapkan dengan nada normal, bahwa mereka lupa membereskan buku di ruang tengah.

Beri imbalan kecil

Memang sedikit sulit mengajari mereka untuk patuh pada aturan yang Anda buat di rumah dalam sekejap. Terkadang mereka menganggap sesekali tidak mengikuti kemauan orang tua tidak masalah. Dan jika hal tersebut, mereka akan kembali mengabaikan perintah Anda.

Satu saran yang bisa dilakukan adalah, beri mereka hadiah kecil jika mau mengerjakan perintah Anda. Katakan, Anda akan membacakan cerita sebelum tidur jika mau mematikan TV sebelum jam 8. Atau hanya dengan ucapan terimakasih karena membantu merapikan meja makan, akan membuat mereka merasa dihargai.

So, B’timers, dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, ya, jika ingin anak-anak Anda berubah? Jangan pernah menganggap mereka akan berubah seiring dengan semakin dewasanya umur, karena mereka sebenarnya meniru kebiasaan yang Anda lakukan selama ini. (no)

Share This Article