Ini Dia Cara Hemat Gaji untuk Hidup Sehari-Hari! | Breaktime
Ini Dia Cara Hemat Gaji untuk Hidup Sehari-Hari!
05.04.2018

Banyak orang mengeluhkan soal gaji yang ia dapatkan. Padahal, gaji mereka udah di atas UMR, loh. Banyak di antara mereka biasanya nggak menekan budget buat hidup sehari-hari. Padahal mengatur pemasukan dan pengeluarn itu penting banget, loh! Breaktime kasih ya tips mengatur arus gaji kamu buat hidup sehari-hari.

Catat Pengeluaran

Kalau kamu punya catatan rapi yang balance antara pengeluaran dan pemasukan yakin deh pasti keuangan kamu bisa berjalan dengan baik. Buat kamu yang dulu belajar pelajaran Ekonomi Akutansi pasti inget dong cara menghitungnya? Coba gunakan skill di sekolah dulu untuk diterapkan di kehidupan nyata. Hal ini bisa jadi pengingat kalau “tanggal 20 uang kamu sisa seigini” atau “masih bisa nih disisain buat nabung bulan ini”.

Rajin buat makanan sendiri biar nggak usah jajan-jajan

Cari resep-resep menarik di Youtube dan catet resep apa aja yang kira-kira bisa memenuhi hasrat jajan kamu. Hal ini bisa jadi salah satu rem kondisi keuangan. Selain sehat dan hemat, kalau resep kamu disukai teman-teman wah bisa jadi ladang bisnis, toh?

Mengakali transportasi

Kalau kamu selama ini ke kantor atau pergi-pergi lebih suka pakai mobil sendiri, coba cek arus keluar keuangan di kategori ini. Bandingkan jika kamu naik ojek online, kereta, Bus atau bahkan motor pribadi? Cari yang paling minim arus uang yang keluar. Kamu juga bisa gonta-ganti transportasi sesuai dengan perencanaan keuangan kamu.

Cari penghasilan tambahan lewat skill & hobi

Kalau kamu punya skill tertentu atau hobi yang bisa mendatangkan manfaat lebih baik disalurkan. Pinter bahasa inggris, bisa jadi gulu les private pas pulang kerja atau sabtu minggu. Pinter masak atau jahit bisa coba-coba bisnis kecil-kecilan, kayak buat pouch, kerudung, bikin puding, camilan kriuk-kriuk dan masih banyak lagi. Bisa juga nulis artikel atau jadi blogger. Siapa tahu ada kesempatan dari menulis yang bikin kamu dibayar.

Udah siap dong nggak ngeluh soal gaji yang nggak cukup terus? Saatnya mengubah pemikiran dan jadi anak millenials yang aktif dan kreatif! Selamat berkarya!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE