Ini Cara Menciptakan Kesan Pertama yang Baik | Breaktime
Ini Cara Menciptakan Kesan Pertama yang Baik
27.03.2016

Siapa yang tidak ingin memberikan pengalaman berkesan setelah jumpa pertama kali dengan orang lain? Ya, mungkin saja B’timers berkenalan dengan rekan kerja di tempat baru, atau sekedar mengobrol dengan orang yang ditemui ketika Anda sedang berada di angkutan umum. Ya, menciptakan kesan pertama yang baik sangatlah penting, sebab itulah yang menentukan apalah orang yang pertama kali Anda jumpai, senang dan tertarik dengan Anda atau tidak.

Lalu, bagaimana cara ciptakan kesan pertama yang membuat orang seketika menyukai Anda? Breaktime beri tipsnya:

1 Berhenti bicara

Menurut Ann Demarais, PH.D., executive coach sekaligus penulis First Impressions, lebih banyak orang yang senang berbicara dan bercerita di perjumpaan pertama mereka dengan orang baru. Padahal, yang terbaik adalah lebih banyak diam, mendengarkan, mengangguk-anggukkan kepala tanda memahami dan bersimpati, serta memberikan tanggapan berupa pertanyaan pada hal-hal yang diceritakan oleh lawan bicara.

2 Ceritakan saja kekurangan Anda

Setiap orang tentu ingin terlihat sempurna dan sebisa mungkin menutupi kekurangan atau cerita kelam yang dimiliki, demi menciptakan kesan pertama yang baik. Well, image dan privasi itu penting, namun sebenarnya, justru dengan berbagi pengalaman sedih atau tidak menyenangkan, orang lain akan memberikan simpati dan obrolan antara Anda berdua akan mengalir lancar serta sangat terbuka. Lawan bicara Anda akan turut bercerita tentang kehidupan pribadinya dengan senang hati.

Ini Cara Menciptakan Kesan Pertama yang Baik | Breaktime
Mengobrol akan terasa menyenangkan saat lawan bicara menunjukkan ketertarikan

3 Sebut nama berulang-ulang

Orang sangat suka mendengar namanya disebut. Mereka merasa spesial dan itu berarti Anda peduli serta memperhatikan mereka. Jika Anda sudah mengetahui nama lawan bicara Anda, tak ada salahnya Anda mengulang menyebutkan namanya di sela-sela obrolan. Julie Albright, seorang sosiolog di University of Southern California bahkan mengatakan, Anda juga bisa menanyakan nama anggota keluarga dan teman-teman mereka, serta mengingat dan menyebutnya ketika mengobrol.

4 Terlihat tertarik

Tak ada yang lebih menarik dari lawan bicara yang terlihat semangat dan antusias ketika diajak mengobrol. Tegakkan kepala dan sedikit gerakkan alis Anda, itu saja sudah menunjukkan bahwa Anda senang mengobrol dengan orang tersebut. Menurut Joe Navarro, seorang mantan agen FBI yang telah bekerja selama 25 tahun, saat Anda mengikuti nada lawan bicara serta ekspresinya, maka ketertarikan mereka pada Anda akan meningkat berkali lipat.

Nah, itulah tips-tips untuk menciptakan kesan pertama yang baik dan membuat orang langsung menyukai B’timers saat pertama jumpa. Ingin langsung mempraktikkannya? (md)

Share This Article