Ingin Sukses Mendidik Anak? Ini Kuncinya! | Breaktime
Ingin Sukses Mendidik Anak? Ini Kuncinya!
19.03.2016

Mendidik anak adalah sebuah tanggung jawab yang berat bagi keluarga. Terlebih lagi setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Belum lagi rasa khawatir yang menghantui seperti takut akan kegagalan mendidik anak, takut anak tidak mau menuruti perintah, dan takut mindset anak nantinya tidak baik.

Tapi jangan khawatir B'timers, ada cara supaya Anda bisa sukses dalam mendidik si buah hati agar bisa berperilaku baik. Caranya adalah memberikan beberapa pertanyaan yang bisa mendongkrak semangat dan motivasinya agar berpendirian positif. Berikut contoh-contohnya:

Ingin Sukses Mendidik Anak? Ini Kuncinya! | Breaktime
Yang paling penting adalah perhatian, karena Anda adalah sosok malaikat bagi anak

Deskripsikan aku dalam 5 kata di benakmu?

Anak-anak di bawah 5 tahun akan mengatakan apapun yang ia terima dengan jujur. Jadi, Anda akan mengetahui seberapa jauh Anda berusaha dalam mendidik si buah hati. Perhatikan apa yang sudah diucapkan si buah hati. Apabila yang dinyatakannya buruk tentang Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkannya.

Kegiatan apa yang membuatmu bahagia?

Saat seseorang merasa bahagia, baik itu anak-anak atau orang dewasa, mereka akan mudah sekali dimotivasi. Hal ini bisa Anda terapkan pada si buah hati. Perhatikan apa yang menjadi jawabannya dan coba ikuti kegiatan apa yang membuatnya bahagia. Di sela-sela kegiatan, berikan dia motivasi yang baik.

Apa yang membuatmu senang dan sedih?

Pertanyaan ini akan memancing jawaban reward and punishment dari si buah hati. Jadi Anda bisa memegang mengetahui apa yang menjadi kontrol dari anak Anda. Tapi jangan jadikan ini sebagai ancaman ketika dia berbuat salah. Jadikan apa yang membuatnya takut sebagai peraturan, agar dia tetap tumbuh menjadi pribadi yang baik namun disiplin.

Apa yang sudah kau pelajari saat sedih atau senang?

Pertanyaan yang satu ini akan menunjukan perkembangan mental dari si buah hati. Tanyakan ini ketika Anda dan dia sedang dalam keadaan tenang. Apabila ia mampu menjawabnya, berarti dia sudah berhasil belajar dari kesalahan yang pernah ia lakukan atau alami.

Nah, itulah beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam mendidik si buah hati. Anda tidak perlu khawatir atau cemas lagi tentang perkembangan dan tingkah anak Anda karena pertanyaan-pertanyaan tersebut memberikan clue jelas tentangnya. Selamat mencoba, B’timers. (wsu)

Share This Article