Ingin Pulihkan Anak Korban Kekerasan Seksual, Lakukan Terapi Cinta | Breaktime
Ingin Pulihkan Anak Korban Kekerasan Seksual, Lakukan Terapi Cinta
31.08.2015

Siapa yang tidak terpukul saat mengetahui buah hatinya merupakan korban dari tindak kekerasan seksual? Namun, sesedih apapun, Anda tetap harus bangkit dan memberikan kasih sayang terbaik pada buah hati untuk membantunya sembuh dari trauma. Nah, berikut ini merupakan terapi cinta yang bisa Anda lakukan untuk mendukung buah hati agar perlahan lepas dari trauma pelecehan seksual:

Menari dan bermusik

Anak korban pelecehan seksual 3 kali lebih mudah mengalami depresi daripada anak-anak lainnya. Seorang psikolog lulusan Harvard University, Dana C. Jack, menyebut bahwa anak yang depresi akan lebih banyak diam. Menurutnya, Anda bisa menggunakan terapi kesenian seperti menari atau bermusik untuk bantu mereka kembali berani berekspresi.

Yoga

Anda juga bisa mengajarkan ketenangan jiwa pada anak dengan yoga. Olahraga satu ini melatih kemampuan anak untuk berkonsentrasi secara mendalam. Kemampuan inilah yang akan secara perlahan menghindarkan mereka dari kebiasaan mengingat masa lalu yang buruk dan fokus pada hal baik yang tengah dijalani sekarang.

Baca juga: INI DIA CARA AMPUH MENGHILANGKAN STRES DENGAN ALAMI

Mintalah izin pada anak sebelum memeluknya
Mintalah izin pada anak sebelum memeluknya

Berdoa

Mengajak anak untuk lebih dekat dalam mengenal agama juga hal positif yang bisa Anda lakukan. Kenalkan anak pada sifat Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dengan begitu, ia akan mampu melihat hal lain yang bisa membuat jiwanya tentram dan merasa dilindungi.

Diskusi hubungan yang sehat

Tak dipungkiri bahwa kekerasan seksual  akan membuat anak menjadi skeptis dengan sebuah hubungan. Namun, Anda harus proaktif untuk mengajarkan anak beda antara hubungan kekerasan dan hubungan yang saling menghargai satu sama lain. Anda bisa mencontohkannya dari hubungan Anda dengan pasangan atau ia dan saudaranya.

Dukung anak sepenuhnya

Marshall Rosenberg, PhD sangat menekankan pentingnya berkata halus pada anak korban kekerasan seksual. Jangan pernah sekalipun Anda menyalahkan anak karena hal ini memang sama sekali bukan salahnya. B’timers hanya perlu menjadi orang tua yang sabar dan pendengar yang penuh empati.

Hormati tubuh anak

Wajar bila anak akan menjadi sangat waspada dengan seluruh bagian tubuhnya. Sebagai orang tua, jangan risih bila Anda harus meminta izin dulu pada buah hati ketika ingin memeluk atau membelainya. Pastikan anak tetap merasa aman ketika Anda menyentuhnya.

Nah, itulah beberapa terapi cinta yang bisa B’timers lakukan pada buah hati ketika ia menjadi korban tindak kekerasan seksual. Jangan lupa untuk selalu bersikap sabar dan penuh pengertian agar trauma buah hati Anda perlahan-lahan dapat disembuhkan.

Share This Article