Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa! | Breaktime
Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa!
01.06.2017

Menjalankan ibadah puasa jelas membutuhkan tingkat kesehatan dan energi yang prima. Terutama saat awal-awal menjalankan ibadah puasa. B’timers pasti akan merasa lemas atau berat. Yap, ini karena selama 14 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan sedikit pun. Itulah mengapa banyak yang menyarankan agar berbuka atau makan sahur dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi.

Selain mengonsumsi banyak makanan bergizi saat berbuka dan sahur, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan agar puasa terasa ringan dan terhindar dari rasa lapar dan haus. Breaktime berhasil merangkumnya untuk Anda, apa saja yang harus dilakukan untuk membuat puasa terasa lebih ringan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stamina Terjaga Meski Puasa dengan Tips Berikut!

Tadi telah disebutkan bahwa Anda harus banyak mengonsumsi makanan bernutrisi. Salah satunya adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Apa saja bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks? Anda bisa mengonsumsi ubi, jagung, oatmeal, roti gandum, atau nasi merah. Karbohidrat kompleks bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Apalagi jika ditambahkan dengan sayuran untuk menambah kadar serat dalam menu makan Anda. Nah, kalau makanan berserat fungsinya untuk mencegah Anda dari gangguan pencernaan saat menjalani awal-awal puasa.

Setelah karbohidrat dan serat, asupan protein juga sangat penting, lho B’timers. Memperbanyak lauk seperti daging, ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Pada intinya, mengonsumsi makanan dengan kandungan makanan yang seimbang akan membuat puasa Anda lancar tanpa gangguan.

Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa! | Breaktime
Ringankan ibadah puasa dengan browsing situs bermanfaat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tetap Fresh Saat Puasa, Ini Menu Sehat untuk Berbuka

Apalagi jika Anda mengurangi konsumsi makanan berlemak. Boleh saja Anda makan makanan berlemak, tapi usahakan makanan yang mengandung lemak baik. Nah, lemak baik terkandung dalam beberapa jenis makanan, antara lain ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah-buahan seperti alpukat. Asal B’timers tahu, bahwa lemak baik (HDL) berperan penting dalam menyediakan energi untuk tubuh, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda juga harus mengurangi konsumsi garam saat sahur. Ternyata makanan yang terlalu banyak garam bisa membuat Anda cepat lapar dan dehidrasi. Bahkan, Graham MacGregor yang merupakan seorang profesor kedokteran kardiovaskular di Wolfson Institute, London, mengatakan bahwa penurunan satu gram asupan garam bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yuk, Kecilkan Perut saat Puasa dengan Tips ini!

Nah, Anda bisa menggantinya dengan memperbanyak konsumsi air putih agar tidak merasa dehidrasi dan lemas saat menjalankan ibadah puasa. Saat tidak berpuasa, tubuh manusia membutuhkan minimal 8 gelas air setiap harinya. Sama halnya dengan saat berpuasa. Anda bisa mengakumulasikan jumlah air putih yang dikonsumsi mulai saat berbuka, setelah berbuka, dan saat sahur.

Puasa juga bukan merupakan alasan untuk Anda tidak berolahraga, karena dengan olahraga justru akan membuat Anda terus fit saat berpuasa. B’timers bisa saja melakukan olahraga kecil-kecilan beberapa menit sebelum waktu berbuka puasa. Hitung-hitung sebagai kegiatan ngabuburit, kan?

Tips yang terakhir untuk membuat puasa terasa ringan adalah dengan bersantai di sore hari sambil browsing. Anda bisa cek-cek situs belanja atau situs lainnya yang bermanfaat disini . Itu akan membuat Anda lupa kalau sedang berpuasa. Tiba-tiba bedhug maghrib berkumandang. So, tetap happy jalani puasa, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE