Ingin Hilangkan Sifat Pemalu? Lakukan Cara Ini! | Breaktime
Ingin Menghilangkan Sifat Pemalu? Lakukan Cara-Cara Ini!
29.11.2015
“Sometimes quiet people really do have a lot to say, they’re just being careful about who they open up to.”

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang ceria dan hangat kepada semua orang, ada pula yang terlihat pendiam dan pemalu. Nah, bicara soal pemalu, apa B’timers termasuk mudah malu-malu? Siapapun pasti punya sisi pemalu dalam dirinya, namun ada yang bisa mengontrolnya sehingga itu tidak menghalanginya untuk banyak bersosialisasi.

Ya, tanpa sadar terkadang rasa malu yang berlebihan bisa memicu seseorang hingga mengalami fobia sosial. Karena itulah, untuk menghindarinya sebaiknya atasi sifat pemalu dengan cara-cara ini:

Bersikap penuh percaya diri

Percaya diri bisa didapat lewat tindakan, pembelajaran dan latihan, barulah Anda bisa menguasainya. Masih ingat saat Anda belajar mengayuh sepeda? Awalnya terasa sulit dan menakutkan, namun setelah bisa mengayuhnya perlahan-lahan Anda merasa semakin mantap dan yakin, bahkan menguasainya, bukan? Sama halnya dengan rasa percaya diri.

Lebih sering mengobrol dengan orang asing

Saat sedang mengantri di loket, pergi makan di restoran, menonton pertandingan bola langsung di lapangan, atau mungkin pergi fitness di gym, seringlah mengajak ngobrol orang-orang yang Anda temui. Memulai percakapan dengan orang-orang asing bisa membuat Anda jadi orang yang semakin hangat dan ramah.

Mencoba hal baru, bahkan jika itu menakutkan

Anda bisa mencoba bergabung dengan kelompok pecinta alam, klub olahraga, komunitas dance atau apapun yang kegiatannya benar-benar baru atau bahkan sulit bagi Anda. Cobalah sesuatu yang berada di luar zona nyaman Anda. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa malu, yaitu dengan menaklukkan ketakutan, kekhawatiran dan keraguan Anda.

Ingin Hilangkan Sifat Pemalu? Lakukan Cara Ini! | Breaktime
Percaya diri dan tidak malu-malu akan membuat Anda jadi orang yang ramah

Berlatih berbicara di depan orang lain

Anda bisa berlatih pidato atau melakukan presentasi dan melontarkan candaan lewat cerita-cerita yang Anda bagi dengan siapa saja, di mana saja. Lebih banyak berbicara dan jadilah ekspresif di depan siapapun yang Anda ajak mengobrol, entah itu rekan kerja di kantor, teman-teman, atau bahkan orang asing. Buat orang lain mendengar suara dan ide-ide Anda.

Buat diri sendiri lebih mengekspresikan empati

Perasaan takut dinilai atau di-judge oleh orang lain bisa membuat Anda menjadi pemalu dan mengalami kecemasan sosial. Satu-satunya cara adalah dengan membuat diri Anda sendiri menjadi rentan agar bisa lebih mengekspresikan empati. Semakin sering Anda melakukannya, semakin Anda merasa dekat dengan orang lain dan itu menciptakan perasaan bahagia. Anda pun jadi makin percaya diri dan semakin sering melakukan interaksi sosial.

Mengungkapkan rasa percaya diri lewat bahasa tubuh

Lakukan kontak mata dengan orang yang sedang Anda ajak bicara. Berjalanlah dengan kepala Anda terangkat tinggi dan badan tegap. Bersuaralah dengan jelas dna lantang. Seringlah berjabat tangan. Beri pelukan pada orang-orang terdekat Anda. Hindari menjaga jarak dengan orang lain dan mendekatlah, akrablah dengan siapapun.

Perhatian dan peduli dengan keadaan

Berikanlah perhatian dan kepedulian Anda terhadap keadaan sekitar. Bangunlah, sadarlah. Resapi keadaan saat ini dengan seluruh pikiran dan perasaan Anda. Rasakan sensasinya dan ciptakan memori di setiap momen Anda. Tak ada apapun yang membuat Anda harus lari atau menghindar. Belajarlah lebih menghargai diri sendiri dan dunia di sekitar Anda.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, cepat atau lambat, sifat pemalu B’timers pasti akan memudar dengan sendirinya dan Anda pun jadi lebih terbuka, hangat serta ramah kepada siapa saja. (md)

Share This Article