Ingin Jadi Sosok yang Dipercaya? Ini Tipsnya! | Breaktime
Ingin Jadi Sosok yang Dipercaya? Ini Tipsnya!
07.02.2016

Menjadi orang yang dipercaya memang tidak mudah. Sekali saja Anda melakukan kesalahan, orang lain bisa seribu kali memberi predikat buruk pada Anda. Namun ada cara amazing untuk membangun rasa percaya orang lain pada Anda. Cara-cara ini bahkan sudah diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology. Apa saja sih?

Awali dari diri sendiri

Untuk mendapatkan dalam kepercayaan dalam hubungan, mulailah dari diri sendiri. Ini berlaku baik untuk hubungan cinta maupun hubungan pekerjaan. Percayalah pada pasangan dan relasi Anda. Jika Anda menaruh rasa percaya pada mereka, mereka juga akan memberikan kepercayaan yang besar pada Anda. Sebaliknya, jika Anda selalu curiga, mereka akan lebih curiga kepada Anda.

Tepat janji dan datang tepat waktu

Menepati janji adalah bentuk tanggung jawab yang wajib Anda jaga. Saat Anda tidak menepati janji yang Anda buat sendiri, artinya Anda tidak bertanggung jawab dan tidak bisa diandalkan. Seperti halnya jika Anda tidak datang tepat waktu. Ini akan berimbas pada berkurangnya rasa percaya pasangan atau bahkan hilang sama sekali pada Anda. Tentu saja ini akan berakibat fatal jika Anda lakukan dalam hubungan kerja.

Ingin Jadi Sosok yang Dipercaya? Ini Tipsnya! | Breaktime
Anda dapat diandalkan jika tepat janji dan tepat waktu

Jujur

Kebohongan sekecil apapun akan sangat berbahaya pada kelangsungan hubungan asmara maupun pekerjaan. Kebohongan ibarat rayap yang akan menggerogoti kepercayaan sedikit demi sedikit hingga habis. Kebohongan mungkin menyelamatkan Anda sementara waktu. Namun akan berakibat sangat buruk saat kebenaran mulai terungkap. Jadi, berusahalah untuk selalu jujur.

Jadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri akan membawa kesan baik dalam hubungan. Artinya, tidak ada kepalsuan dalam hubungan yang terjalin. Harus Anda tahu, bermuka dua tidak hanya akan membuat hubungan berakhir lebih cepat namun juga  memungkinkan hubungan terhenti dengan tidak baik. Menjadi diri sendiri secara akurat dihadapan pasangan atau relasi akan menjadikan Anda sosok yang bisa dipercaya.

Ingin Jadi Sosok yang Dipercaya? Ini Tipsnya! | Breaktime
Jangan ada kepalsuan dalam hubungan

Jangan menghakimi dan jangan mendominasi

Untuk membangun kepercayaan dalam hubungan, sangat diperlukan kemampuan Anda dalam menjadi pribadi yang bijak. Saat pasangan atau relasi melakukan kesalahan, jangan menghakimi dan langsung mengkritik. Cobalah lebih tenang, melihat dari sudut pandangnya dan dengarkan penjelasannya hingga tuntas. Dengan tidak mendominasi situasi seperti itu, mereka akan yakin bahwa Anda tepat untuk diberi kepercayaan.
Jadi, siap menjadi orang yang dipercaya, B’timers? (nap)

Share This Article