Ingin Jadi Pendengar yang Baik? Simak Tipsnya! | Breaktime
Ingin Jadi Pendengar yang Baik? Simak Tipsnya!
21.06.2016

Anda pasti kesal ketika berbincang dengan orang lain, ternyata dia tidak mendengatkan apapun. Well, itulah alasannya kita harus belajar menjadi pendengar yang baik. Tapi nyatanya menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang mudah bagi sebagian dari kita, lho. Dibutuhkan waktu, latihan dan dedikasi yang tinggi juga, B’timers. Nah, berikut tips menjadi pendengar yang baik yang bisa dipraktekkan, B’timers!

Lakukan kontak mata

Salah satu cara terpenting yang bisa kita lakukan untuk menjadi pendengar yang baik adalah dengan melakukan kontak mata dengan orang yang diajak berbicara, B’timers. Ini untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan apapun yang dia katakan. Berlatihlah untuk melakukan kontak mata jika Anda berbincang dengan seseorang.

Temukan “mengapa” dan “apa”

Untuk Anda yang ingin menjadi seorang pendengar yang baik, adalah sangat penting untuk menemukan “mengapa” dan “apa”. Mengapa mereka berbicara pada Anda dan apa inti pesan yang ingin disampaikan oleh mereka. Untuk tips yang ini juga membutuhkan latihan, karena tidak mudah untuk menemukan apa yang sedang mereka alami, lho.

Fokuskan perhatian

Nah, tips menjadi pendengar yang baik lainnya adalah, selalu fokuskan perhatian Anda pada orang yang mengajak berbicara, B’timers. Yang keliru dan sering dilakukan orang ketika mengobrol adalah mereka terlalu fokus pada apa yang ingin disampaikan mengenai cerita tersebut. Dan inilah yang membuat Anda kehiangan perhatian pada mereka.

Ingin Jadi Pendengar yang Baik? Simak Tipsnya! | Breaktime
Jangan seperti ini, ya, B’timers!

Kurangi gangguan

Mungkin sedikit sulit untuk mengurangi gangguan. Ini karena kita hidup di tengah kebisingan. Bahkan jika kalian mengobrol di tengah hutan sekalipun, selalu ada gangguan kecil yang akan merebut sebagian besar perhatian Anda, B’timers. Namun setidaknya Anda bisa berusaha, misalnya saja menjauhkan TV, telepon ataupun makanan, B’timers.

Libatkan diri Anda

Dan ternyata dengan melibatkan diri Anda dalam percakapan mampu menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan orang tersebut, B’timers. Jika Anda tidak melibatkan diri dalam percakapan, maka orang lain akan berpikir bahwa Anda bukanlah orang yang enak untuk diajak mendengarkan cerita dan masalah mereka. Hmm, hati-hati, ya?

Yuk, praktekkan tips menjadi pendengar yang baik, B’timers! (NO)

Share This Article