Ingin Hidup Panjang Umur? Tidak Sulit, Ini Rahasianya! | Breaktime
Ingin Hidup Panjang Umur? Tidak Sulit, Ini Rahasianya!
27.09.2015

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Nah, tahukah B’timers bahwa semuanya berawal dari pikiran? Ya, pikiran kita mempengaruhi setiap sel dalam tubuh, itu juga yang membuat penuaan pada tubuh manusia bersifat tidak tetap dan bisa berubah-ubah. Bahkan, proses penuaan bisa berjalan lebih cepat, melambat atau mundur dengan sendirinya. Nah, untuk hidup sehat dan panjang umur, ada cara-cara rahasia yang bisa dilakukan, lho. Ini dia:

Mengelola stres

Saat stres, sistem kekebalan kita menurun, membuat tubuh mudah terserang penyakit. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan berhenti sejenak dari kesibukan agar pikiran lebih lega dan bebas.

Berolahraga

Salah satu aktivitas yang paling baik untuk menjaga kesehatan adalah olahraga. Jika tubuh bergerak aktif dan berolahraga, itu sudah membantu mengurangi resiko semua penyakit kronis.

Tidak merokok

Merokok dapat memicu kanker paru-paru, penyakit jantung, masalah kulit, kerusakan gigi dan mempercepat penuaan. Berhentilah merokok sekarang juga.

Berpikir muda

Merasa muda juga akan membuat diri Anda jadi muda, lho, demikian menurut sebuah studi dalam JAMA Internal Medicine dari University College London. Saat Anda merasa diri Anda berusia muda, itu sekaligus dapat memperpanjang umur Anda.

Pikiran menjadi kunci utama untuk hidup sehat dan panjang umur
Pikiran menjadi kunci utama untuk hidup sehat dan panjang umur

Kurangi duduk terlalu lama

Tahukah Anda? Duduk seharian sama bahayanya dengan merokok. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan berolahraga setidaknya sekitar setengah jam setiap hari.

Tidur cukup

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup adalah kunci utama agar tubuh tetap sehat. Sayangnya, ini sering kali terlupakan atau terabaikan. Padahal, kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan dan mempercepat proses penuaan.

Konsumsi makanan sehat

Hindari makanan yang diproses, kalengan, beku, atau dimasak dengan microwave. Fokuslah pada makanan yang segar dan alami. Anda juga bisa perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Terus belajar hal baru

Jangan beranggapan bahwa seiring usia Anda bertambah, pikiran Anda jadi semakin buram dan daya ingat menurun. Sebaiknya ganti rutinitas membosankan Anda dengan aktivitas yang baru.

Jaga teman dekat

Kesendirian dan isolasi sosial dapat mengganggu mental, emosional dan juga kesehatan fisik. Karena itulah, memiliki teman-teman dekat dapat membuat Anda tetap sehat dan bahagia.

Tetap positif

Menyadari tujuan hidup Anda dapat membuat hidup Anda lebih panjang, lho. Memiliki tujuan hidup yang jelas membuat Anda mampu menumbuhkan semangat untuk mewujudkan mimpi Anda.

Nah, hal-hal di atas dapat membuat Anda panjang umur dan hidup lebih lama. Sehatkan pikiran B’timers dan miliki tubuh yang sehat dan awet muda. (md)

Share This Article