Ingin Hidup Lebih Lama? Senyum Saja! | Breaktime
Ingin Hidup Lebih Lama? Senyum Saja!
05.11.2015

Tersenyum adalah suatu hal yang alami dan selalu dilakukan manusia setiap harinya. Tapi tahukah B’timers jika hanya dengan tersenyum saja, kesehatan Anda akan meningkat?

Mungkin terdengar mengada-ada jika mendengar penjelasan bahwa tersenyum adalah obat alami dari dalam tubuh yang dapat membuat kesehatan meningkat dan dapat dilakukan siapa, kapan sampai di mana saja.

Bahkan, tersenyum merupakan bahasa universal yang tak perlu dijelaskan artinya karena semua orang di seluruh dunia dapat mengintepretasikannya secara mudah tanpa harus ada penjelasannya. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar senyum yang perlu B’timers ketahui:

Senyum meredakan stres dan kecemasan

Memang tidak mudah untuk dapat tersenyum ketika menghadapi masalah pelik, bahkan mungkin B’timers akan lebih mudah untuk menunjukkan wajah galau daripada tersenyum. Akan tetapi, jika Anda mampu melakukannya, maka suasana hati dan stres yang melanda akan turun secara drastis tanpa disadari. Detak jantung akan lebih normal dan ekspresi wajah juga menjadi netral.

Senyum dapat melepaskan endorfin

Seperti yang dijelaskan di atas, saat Anda tersenyum ketika stres dan cemas melanda, maka hormon endorfin atau zat yang dapat menenangkan atau membuat bahagia dalam tubuh akan secara otomatis diproduksi dan dirilis.

Senyum dapat memperkuat sistem imun

Ketika tersenyum, secara otomatis sistem imun dalam tubuh akan menjadi kuat serta produksi sel darah putih juga akan meningkat. Dengan meningkatnya produksi sel darah putih juga kuatnya sistem kekebalan tubuh, maka dapat membuat diri sendiri kebal terhadap serangan penyakit.

Ingin Hidup Lebih Lama? Senyum Saja! | Breaktime
Secara otomatis, tubuh akan mendapatkan ‘fungsi misterius’ dari senyum

Senyum dapat menurunkan detak jantung

Hanya dengan tersenyum, maka detak jantung akan menurun dan stabil. Dengan stabilnya detak jantung, maka tubuh akan lebih tenang serta mudah untuk melakukan apa saja. Tidak hanya itu saja, dengan tersenyum, maka dapat mereduksi tekanan darah.

Senyum dapat memperpanjang umur

Terdengar sedikit mengada-ada, tapi hanya dengan lebih sering tersenyum, maka membuat seseorang dapat hidup 7 tahun lebih lama karena menghindarkan seseorang dari stres, membantu menjaga kesehatan jantung sampai dengan menyehatkan badan.

Senyum dapat membuat orang awet muda

Olahraga muka dapat dikatakan sebagai cara efektif untuk membuat otot-otot wajah terlatih dan membuat seseorang tampak tetap awet muda, begitu pula dengan tersenyum. Dengan tersenyum, seseorang akan menggerakan 5-53 otot wajah yang berbeda dalam satu waktu secara bersamaan. Hal tersebut juga dapat melatih otot wajah jika senyum yang dikembangkan cukup lama.

Mudah bukan? Kalau ternyata hanya dengan tersenyum dapat membuat kesehatan tubuh meningkat, untuk apa coba B’timers mempertahankan wajah masam dan tidak enak dilihat? (das)

Share This Article