Cara Bijaksana Bangkit dari Belenggu Patah Hati | Breaktime
Ingin Bangkit dari Belenggu Patah Hati? Ini 6 Solusinya!
13.07.2015

Tidak ada orang yang mau merasakan patah hati karena sangat menyakitkan. Namun, mengalami patah karena kehilangan seseorang yang amat dipercaya adalah hal yang lumrah terjadi. Tak perlu terus meratapi keadaan, yuk bangkit dan lawan patah hati dengan 6 cara ini!

Menerima rasa sakit

Sangat sulit memang meminta seseorang yang sedang patah hati untuk berdiri tegak sementara hatinya serasa terkoyak. Namun, hal inilah yang harus dilakukan agar segera bisa move on dan bangkit dari keterpurukan. Jangan terus berada di zona nyaman Anda selama ini, bangkitlah untuk menghadapi rasa sakit yang ditimbulkan oleh patah hati.

Jangan menggantungkan kebahagiaan kepada orang lain

Jika Anda menggantungkan kebahagiaan kepada orang lain, tentu saja hanya rasa kecewa yang akan didapat. Maka dari itu, meskipun tidak ada orang di sekitar yang membantu menceriakan hari di saat Anda sedang terpuruk, yakinlah bahwa selalu ada terang setelah gelap yang menghadang.

Lepaskan

Jangan mempertahankan hubungan yang sebelumnya memang telah berantakan dengan kembali mengemis perhatian kepada sang mantan. Hal tersebut akan membuat harga diri Anda menjadi rendah dan hina. Hal yang paling utama untuk bisa sembuh dari rasa patah hati yang amat sangat adalah melepaskan dan mengikhlaskan.

Olahraga

Jogging dapat kurangi rasa sakit akibat patah hati
Jogging dapat kurangi rasa sakit akibat patah hati

Melakukan olahraga dapat meningkatkan hormon serotonin dan juga norepinerphrine yang bermanfaat untuk merangsang perkembangan sel-sel otak yang berdampak baik dalam mempengaruhi suasana hati seseorang. Daripada terus bersedih, lakukanlah aktivitas yang menyehatkan seperti renang, jogging, kick-boxing ataupun sekedar jalan-jalan saja.

Membantu orang lain

Ketika Anda kehilangan seseorang, dunia masih berjalan sebagaimana mestinya seperti biasa. Maka dari itu, temukanlah passion untuk tetap membuat diri Anda jadi hidup dan berarti. Contohnya saja dengan membantu orang lain yang sedang berjuang menghadapi hal yang sama. Ketika membantu mereka, perlahan-lahan rasa sakit  yang didera akan hilang.

Tertawa dan menangis

Menangis bisa membuat tubuh jadi rileks
Menangis bisa membuat tubuh jadi rileks

Tidak hanya tertawa saja yang merupakan obat dari berbagai jenis penyakit, menangis juga. Apakah cuma kebetulan setelah menangis Anda merasakan kelegaan? Ternyata jawabannya tidak. William Frey, seorang biochemist dari Texas, menyatakan bahwa saat menangis tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bersifat meredakan rasa sakit di dalam tubuh.

Tidak ada yang bilang mengobati patah hati akan semudah membalikkan telapak tangan. Namun, dengan usaha yang tiada henti, B’timers pasti bisa melewatinya!

Share This Article