Hilang Kendali Bakalan Bikin Anda Lebih Bahagia? | Breaktime
Hilang Kendali Bakalan Bikin Anda Lebih Bahagia?
24.04.2017
“Human beings have a deep-seated desire for certainty and control”

Seberapa sering merasakan Anda kehilangan kondrol terhadap diri Anda sendiri, B’timers? Well, hampir semua orang memiliki dorongan mendalam untuk merasakan kendali di dalam hidup mereka. Tetapi jika kita terlalu jauh memegang kendali akan hidup, justru hal tersebut dapat menyebabkan diri kita menjadi pribadi yang sengsara, lho, B’timers.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, kebutuhan akan kepastian dan juga kontrol memiliki dua tujuan penting di dalam hidup kita. Yang pertama adalah untuk membantu agar diri kita percaya apabila kita dapat mencapai tujuan sesuai dengan keinginan kita. Dengan semakin terkendalinya diri kita, maka tingkat kesejahteraan pun akan semakin meningkat.

Baca juga: APAKAH KATA MUSIK FAVORIT MENGENAI DIRI ANDA, YA

Sementara itu kontrol juga tidak kalah pentingnya, lho, B’timers. Hal ini dapat membuat kita merasakan tingkat kepercayaan diri di mana diri kita tidak berada di dalam kendali orang lain. Nah, inilah alasannya kenapa kita selalu didorong untuk mencari kontrol dan kendali atas hidup kita. Seperti hasil dari sebuah penelitian, mereka yang punya kontrol, ternyata umumnya dapat menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan cenderung mencapai banyak tujuan.

Hilang Kendali Bakalan Bikin Anda Lebih Bahagia? | Breaktime
Kendali diri kita ada di tangan kita sendiri

Penelitian lain menunjukkan bahwa, gairah yang terlalu berlebihan akan memiliki kontrol serta kendali bisa merusak kebahagiaan seseorang, B’timers. Mencari cara untuk mengendalikan orang lain ternyata merupakan cara untuk mengendalikan semua kontrol. Dan dengan terlalu mengendalikan orang lainnya, hal tersebut dapat menurunkan tingkat kebahagiaan karena berbagai alasan, lho.

Baca juga: INGIN BERHASIL? TIRU KEBIASAAN WANITA SUKSES INI

Lalu apakah dengan kehilangan kontrol dapat membuat seseorang menjadi jauh lebih bahagia, B’timers? Hal ini tentu didapatkan karena terlalu berlebihan dalam mengendalikan seseorang dapat menurunkan tingkat kebahagiaan. So, artinya akan jauh lebih baik apabila kita mengetahui cara bagaimana untuk kita mengontrol kendali.

Dan apabila ketidakpastian sangat penting untuk mencapai kebahagiaan, apa alasannya kita menolak hal itu, B’timers? Hanya saat hidup terkendali, hal-hal penting yang berkaitan dengan kesehatan, hubungan serta keuangan menjadi titik utama yang menentukan tingkat kebahagiaan seseorang, B’timers. Namun ada alasan lain, di mana kita harus mengetahui seberapa besar kendali kita di dalam hidup.

Baca juga: KERJA REMOTELY? INILAH CARANYA TETAP TERMOTIVASI

Nah, untuk hal tersebutlah Anda harus menghargai ketidakpastian yang telah lebih dulu mengendalikan hidup Anda, B’timers. Percayailah jika Anda telah memiliki cukup waktu di genggaman tangan Anda yang sangat penting di dalam hidup ini. Menurut sebuah penelitian, terbukti jika pandangan terhadap waktu yang kurang menjadi pembunuh utama dari kebahagiaan Anda.

Hilang Kendali Bakalan Bikin Anda Lebih Bahagia? | Breaktime
Jangan biarkan orang lain mengendalikan Anda

Yang menjadikan hal ini semakin ironis adalah, di mana kita semakin sukses di dalam hidup, maka akan semakin banyak juga kelangkaan waktu yang akan kita rasakan, B’timers. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian, di mana peserta pertama mendapatkan 15 sen per menit untuk menyelesaikan tugas. Dan peserta yang lain menerima 1 ½ sen setiap menitnya.

Pada saat proyek selesai, peneliti mengajukan pertanyaan kepada para peserta untuk mengukur tingkat stres dan tekanan yang mereka rasakan. Dan yang tidak terlalu mengejutkan adalah, peserta yang dapat bayaran lebih tinggi ternyata yang merasakan tekanan dan stres yang jauh lebih rendah dibanding orang yang bekerja dan menerima bayaran yang jauh lebih sedikit, B’timers.

Semua penelitian tersebut menjawab atas bagaimana dampak dari tingginya kontrol seseorang dengan tingkat kebahagiaan mereka, B’timers. Dan kita memang tak dapat mengendalikan perasaan dan juga keputusan dari orang lain. Namun yang paling penting adalah kita memiliki tanggung jawab atas tingkat kesejahteraan diri kita sendiri. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE