Hiking Bisa Mengubah Pikiran, Bagaimana Caranya? | Breaktime
Hiking Bisa Mengubah Pikiran, Bagaimana Caranya?
01.03.2017

Ada banyak hal yang dapat Anda rasakan saat berada di alam terbuka, B’timers. Kedamaian alam bakal membuat naungan pepohonan terlihat semakin indah dengan latar belakang sinar mentari yang dengan lembut membelai setiap ujung-ujung dedaunan. Sementara itu angina pun ikut menghembuskan napas kehidupan dan memberikan energi serta semangat bertahan.

Semua ini akan Anda dapatkan ketika melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti misalnya hiking. Anda tentu bakal merasakan bahwa dengan hiking di alam bebas, tidak hanya tubuh saja yang merasakan efek positifnya, B’timers. Pikiran dan jiwa Anda pun akan mendapatkan kedamaian sejati, lho. Bahkan salah satu penelitian mengungkapkan, hiking bisa mengubah pikiran.

Wow, bagaimana bisa, B’timers? Simak jawabannya di sini, yuk!

Hiking Bisa Mengubah Pikiran, Bagaimana Caranya? | Breaktime
Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum hiking, ya, B’timers

Menurut penelitian, hiking di alam terbuka dapat membantu seseorang dalam mengurangi pikiran yang buruk secara berlebihan, lho. Karena tahukah Anda jika seseorang terlalu banyak merenungi hal negatif ataupun terlalu fokus pada pikiran negatif tentang diri mereka, hal ini akan menyebabkan meningkatnya kecemasan, depresi dan masalah lainnya, seperti kebiasaan makan berlebihan, B’timers.

Dan sementara itu, kegiatan fisik yang dilakukan di luar ruangan, khususnya di alam yang terbuka dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Hal ini seperti yang telah dibuktikan oleh penelitian. Di dalam salah satu penelitian, mereka yang rutin mendaki di alam hijau terbuka selama setidaknya 90 menit akan mengalami penurunan risiko memikirkan masalah negatif tentang berbagai macam hal.

Hiking Bisa Mengubah Pikiran, Bagaimana Caranya? | Breaktime
Alam bebas yang hijau bisa kembalikan pikiran menjadi segar, lho

Tetapi mereka yang hiking di lingkungan perkotaan tidak mendapatkan manfaat yang sama seperti yang melakukan kegiatan fisik ini di ruangan hijau pinggir kota, B’timers. Justru kelompok orang yang hiking di daerah urban semakin dikaitkan dengan meningkatnya gejala penyakit mental, seperti depresi dan yang lainnya. Besar kemungkinan, karena di perkotaan kita masih dikelilingi dengan keramaian.

Lalu untuk mendukung penelitian sebelumnya, diungkapkan bahwa, hiking tanpa membawa gadget atau peralatan teknologi lainnya terbukti bisa meningkatkan kemampuan kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah, B’timers.

Ruth Ann Atchley dan David L. Strayer yang melakukan studi terkait hubungan hiking dan pikiran, lebih lanjut mengungkapkan bahwa, kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dapat ditingkatkan dengan meninggalkan teknologi dan kembali berhubungan dengan alam, B’timers. Itulah alasan, di saat Anda akan pergi hiking, disarankan untuk menghindari membawa serta alat-alat teknologi.

Hiking Bisa Mengubah Pikiran, Bagaimana Caranya? | Breaktime
Daripada membawa gadget, lebih baik bawa peta fisik saja

Hiking di alam dianggap sebagai bentuk latihan fisik yang dapat meningkatkan kekuatan otak seseorang, B’timers. Nah, seperti motto, “dalam tubuh yang sehat tersimpan pikiran yang sehat”, hiking memberi Anda keduanya. Hiking selama sekitar 1 jam, akan membantu tubuh membakar 400 – 700 kalori. Hiking juga membantu Anda mengatasi masalah persendian yang terasa kaku ketika digerakkan.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pikiran dan tubuh secara alami terhubung, B’timers. Dan latihan fisik membantu menjaga asupan nutrisi yang menujusel-sel otak. Seperti yang diungkapkan oleh peneliti dari University of British Columbia, latihan fisik seperti aerobik bisa meningkatkan memori otak dan juga kemampuan kognitif. Nah, cara terindah untuk kesehatan otak adalah dengan pergi hiking.

Untuk melakukan hiking, Anda tak membutuhkan terlalu banyak biaya, B’timers. Salah satu latihan fisik yang murah dan mudah ini akan membantu tubuh melepaskan hormone endorphin yang akan membuat Anda merasa bahagia.

Nah, sebelum Anda mulai hiking, sebaiknya pastikan lebih dahulu Anda mengenakan sepatu yang sesuai dengan medan, B’timers. Dan Anda pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan ganda dari hiking. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE