Hidup Hemat atau Hidup Cerdas, Pilih yang Mana?
Hidup Hemat atau Hidup Cerdas, Pilih yang Mana?
22.07.2017

B’timers, pernahkah Anda terpikir bahwa living cost alias biaya hidup di zaman sekarang menjadi semakin tidak masuk akal? Ya, apa-apa semuanya serba mahal— mulai dari biaya sewa, biaya makan sehari-hari sampai biaya hiburan di luar seperti pergi ke café atau shopping baju kesukaan. Kita ambil saja contoh yang paling simpel tapi sering membuat sebal. Contoh ini adalah kenyataan bahwa makanan di warung maupun restoran harganya semakin melambung walau porsi atau rasa yang ditawarkan sama sekali tidaklah sepadan. Begitu pula dengan biaya sewa. Fasilitas di dalam tempat tinggal Anda sejatinya kurang memuaskan atau kurang memadai. Akan tetapi biaya sewa tidak pernah turun namun selalu bergerak naik. Kalau sudah begini, rasanya ingin menangis saja ya?

Ternyata, hidup hemat bukan cuma melulu soal menabung
Ternyata, hidup hemat bukan cuma melulu soal menabung

Oleh sebab itu, sering banyak yang menggaungkan semboyan hidup hemat agar hidup kita selamat. Tapi hidup hemat saja ternyata tidak cukup, B’timers. Hidup hemat Anda pun wajib lho dijalani secara cerdas juga. Yap, hidup hemat dan hidup cerdas itu jangan sampai dipisah-pisahkan. Mereka harus saling berkesinambungan agar budget pengeluaran hidup Anda tak berlebihan namun Anda tetap bisa menikmati hidup yang layak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Keluar Dari Zona Nyaman, Lakukan Cara-Cara Ini!

Berikut salah satu cara hidup hemat nan cerdas yang dapat Anda tiru dan lakukan mulai sekarang. Jadi semisal Anda hendak membeli sebuah barang. Nah, Anda lantas dihadapkan pada dua pilihan barang yakni barang A dan barang B. Barang A adalah barang dengan kualitas biasa-biasa saja namun dibaderol dengan harga yang miring punya. Sedangkan barang B adalah barang berkualitas bagus dengan harga yang lumayan mahal. Ini nih dilema yang sering dialami oleh semua orang. Dan kalau kurang teliti, Anda pasti akan lebih memilih untuk membeli barang A.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pekerjaan Baru? Eits, Pikirkanlah Hal ini Dahulu

Padahal B’timers, hidup hemat tidak selalu berarti hidup dengan barang-barang murahan. Lebih bijaknya, Anda seharusnya membeli barang B karena meski mahal, namun Ia bermutu baik dan dipastikan akan awet pemakaiannya. Coba bandingkan dengan barang A yang kemungkinan besar akan mudah rusak dan mengharuskan Anda untuk membeli barang yang baru. Hm, jatuhnya pengeluaran Anda malah akan semakin membengkak kan?

Mulai sekarang catat semua pemasukan dan pengeluaran ya!
Mulai sekarang catat semua pemasukan dan pengeluaran ya!

Hidup hemat secara cerdas dapat pula berarti Anda rajin mencatat biaya pemasukan dan pengeluaran. Memang aktivitas seperti ini seakan terlihat lebay alias nampak tidak perlu. Padahal sebaliknya B’timers, dengan begini Anda tak akan sembarangan menghamburkan uang yang Anda punya. Belum lagi jika Anda benar-benar mengetahui selisih perbandingan biaya pengeluaran dan pemasukan Anda. Pastilah Anda akan berpikir dua kali untuk seenaknya menarik pundi-pundi dari dompet maupun rekening tabungan.

BACAJUGA:3 

Next, Anda tentu pernah mendengar bahwa kunci hidup hemat ialah dengan tidak mudah terpengaruh dengan nafsu sesaat. It might sound overrated, namun begitulah adanya B’timers. Kebanyakan orang tak mengerti perbedaan dari sebuah ‘kebutuhan’ dan sebuah ‘keinginan’. Terkadang, Anda akan lebih tersiksa jika tak membeli sebuah kopi di tempat nongkrong kesayangan ketimbang membayar asuransi kesehatan untuk masa depan. Wah, tentu mindset sejenis ini adalah cara berpikir yang salah kaprah ya.

Membeli kopi di café sih boleh-boleh saja— siapa sih yang berani melarang? Hanya saja, selama Anda bisa membuatnya sendiri di rumah ya buat apa Anda repot-repot minum kopi di luar. It’s okay bila alasannya dalam rangka bersosialisasi bersama teman-teman. Namun ingat, jangan sampai terlalu keseringan ya! (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE