Hentikan Kebiasaan Texting yang Konyol ini, ya! | Breaktime
Hentikan Kebiasaan Texting yang Konyol ini, ya!
12.04.2016

Berapa kali dalam sehari Anda menatap layar smartphone, B’timers? Ya, di zaman sekarang ini, adalah hal yang sangat wajar melakukan komunikasi menggunakan SMS atau pesan singkat. Hal ini menyebabkan banyak dari kita yang tidak mempedulikan etiket yang tepat, lho. Dan sayangnya tak sedikit orang yang mengirim SMS dengan caranya sendiri tanpa menyadari itu mengganggu orang lain. Dan berikut kebiasaan texting yang konyol, yang seharusnya Anda hentikan, B’timers!

Menggunakan “titik”

Cara untuk mengakhiri sebuah kalimat memang menggunakan “titik”. Namun dalam aturan texting, Anda akan terlihat tidak tulus, lho, B’timers. Dari peneliti di Binghamton University, ditemukan bahwa respon yang kita tuliskan tanpa menggunakan tanda baca lebih tulus dibanding mereka yang mengetik jawaban dan diakhiri dengan tanca baca.

Hentikan Kebiasaan Texting yang Konyol ini, ya! | Breaktime
Salah ketik? Hmm, ini kesalahan terburuk!

Melupakan mengecek ejaan

Typo atau salah ketik merupakan hal terbesar yang bisa membuat teman kencan Anda ilfeel, lho! Anda mungkin tidak sadar telah melakukannya, namun itu cukup menjengkelkan orang yang membaca pesan Anda, B’timers. Nah, jadi jika saat ini Anda single dan berharap mendapat kesempatan untuk kencan kedua, hati-hatilah dalam mengetik jawaban!

Mengatakan “Maaf”

Kebiasaan texting yang konyol selanjutnya adalah, mengatakan “Maaf” melalui pesan singkat, B’timers. Coba bayangkan saja jika Anda yang mendapatkan ucapan “Maaf” dari SMS seseorang karena tidak bisa memenuhi janjinya untuk bertemu. Tentunya Anda akan merasa sangat kesal, bukan? Nah, itulah mengapa kita dilarang mengucapkan “Maaf” melalui SMS.

Hentikan Kebiasaan Texting yang Konyol ini, ya! | Breaktime
Texting sambil berkendara bisa membahayakan

Mengedit terlalu lama

Pernah tidak Anda sudah mengetik jawaban, namun karena dirasa kurang tepat, kemudian mengeditnya berkali-kali? Wah, sebaiknya hentikan kebiasaan itu, B’timers! Kenapa? Karena si dia bisa melihat gelembung-gelembung kecil yang menunjukkan Anda sedang mengetik. Dia bisa saja berpikir Anda sedang mengetikkan kata-kata umpatan atau sejenisnya.

Mengirim pesan di bioskop

Dan bioskop adalah tempat pertama yang paling menjengkelkan bagi orang lain jika mendapati Anda menggunakan smartphone. Memang mereka tidak mengatakan apapun, tapi pancaran sinar dari layar ponsel Anda tetap saja sangat mengganggu, B’timers. Nah, jika memang genting, sebaiknya keluar dari ruangan untuk membalas pesan tersebut.

Hentikan Kebiasaan Texting yang Konyol ini, ya! | Breaktime
Saat orang menggunakan ponsel di bioskop sangat menjengkelkan, lho!

Selain hal-hal di atas, mengirim satu kata setiap satu SMS juga merupakan kebiasaan texting yang konyol, lho, B’timers. Jadi, jika Anda tidak ingin teman-teman terganggu karena kebiasaan tersebut, cobalah untuk menghentikannya sekarang. Meskipun tidak ada aturan baku mengenai pesan singkat atau texting, tapi karena kita tidak dapat mendengar intonasi dan melihat ekspresi lawan bicara, dari jawaban di SMS bisa saja malah jadi timbul masalah, B’timers. (NO)

Share This Article