Hati-Hati, Mood Swing Bisa Bikin Kerjaan Kacau Sampai Alzheimer! | Breaktime
Hati-Hati, Mood Swing Bisa Bikin Kerjaan Kacau Sampai Alzheimer!
03.10.2015

Mood swings sering ditandai dengan perubahan pada suasana hati seseorang dengan sangat drastis, mulai dari bahagia sekali sampai sedih akut. Mood swing sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari stres, bipolar disorder, kekurangan tidur, keseringan minum kopi, ataupun dikarenakan PMS.

Dan ternyata, mood yang gampang berubah-ubah ini memberikan dampak yang buruk bagi tubuh, baik itu secara mental dan fisik. Apa saja ya, dampak buruk yang bisa didapatkan dari mood swings? Berikut ini daftarnya:

Alzheimer

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Ingar Skoog, seorang professor di University of Gothenburg,  Swedia menemukan hasil yang cukup mengejutkan. Penelitian tersbut mengambil sample sebanyak 800 wanita yang memiliki usia rata-rata 40 tahun ke atas. Dan dari penelitian tersbut didapatkan bahwa mereka yang sering mood swings memiliki resiko 2 kali lebih besar terkena alzheimer ataupun juga demensia.

Mengalami masalah kesuburan

Mood yang berubah-ubah berdampak langsung pada kesuburan
Mood yang berubah-ubah berdampak langsung pada kesuburan

Memiliki sifat moody yang parah ternyata juga mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Seseorang yang mudah stres, suasana hatinya gampang sekali berubah-ubah ternyata lebih sulit memiliki keturunan dibandingkan mereka yang memiliki pribadi ceria dan bahagia. Hormon stres menghambat persiapakn indung telur.

Merusak hubungan

Kontrol mood agar hubungan Anda tetap terjaga
Kontrol mood agar hubungan Anda tetap terjaga

Baik itu pria ataupun wanita, mood swings yang sering akan membuat hubungan yang dijalani jadi berantakan. Bagaimana tidak, mereka yang mengalami mood swing tidak berlaku sewajarnya dan seperti biasanya. Mereka cenderung banyak marah, mengeluh, dan membuat pasangan jadi panas. Maka dari itu, jika Anda menginginkan hubungan yang langgeng jaga suasana hati hati dari mood swings yang berlebih.

Membuat teman berburuk sangka

Suasana hati yang buruk dan tidak bisa dikontrol akan membuat teman-teman Anda berburuk sangka. Bisa jadi mereka akan mengira Anda sedang marah dan kecewa padahal sebenarnya yang terjadi adalah mood swings. Untuk membuat teman agar tetap nyaman di dekat Anda, jagalah selalu suasana hati untuk jadi baik dan terkontrol.

Kerjaan terbengkalai

Teman-teman menjauh pekerjaanpun tak kunjung selesai
Teman-teman menjauh pekerjaanpun tak kunjung selesai

Mood yang berantakan dan berubah-ubah akan membuat pekerjaan Anda jadi terbengkalai. Dengan suasana hati yang sangat buruk dan Anda memiliki pekerjaan yang menuntut tingkat konsentrasi yang tinggi, bagaimana bisa untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Malahan, Anda memiliki pekerjaan yang tak kunjung kelar.

Mood swings benar-benar berdampak buruk untuk kondisi kesehatan fisik dan juga mental Anda. maka dari itu, pandai-pandailah mengatasinya.

Share This Article