Ternyata Mengalami Kesepian dapat Berdampak Negatif | Breaktime
Hati-Hati, Kesendirian Bisa Berefek Negatif untuk Kesehatan
17.08.2015

Karena berbagai kesibukan, bisa jadi B’timers sering mengabaikan pikiran dan perasaan yang “sebenarnya” dialami, termasuk merasa sendiri dan kesepian. Ya, mungkin saja suasana kantor terlihat padat dan sibuk, atau keluarga di rumah selalu ramai berceloteh, namun Anda merasakan sepi yang luar biasa. Hati-hati! Mungkin saja tanpa disadari Anda mengalami sindrom loneliness. Seperti apa tanda-tandanya?

Sulit tidur

Berdasarkan hasil penelitian dari American Academy of Sleep Medicine,loneliness atau kesendirian bisa mengacaukan waktu tidur Anda. Orang-orang yang merasa sendirian cenderung lebih sulit untuk tidur nyenyak.

Lama saat mandi

Menurut psikolog John Bargh, PhD, seorang peneliti di Yale University, semakin seseorang merasa kesepian, semakin lama ia menghabiskan waktu untuk mandi. Itu karena ia memanfaatkan air hangat atau panas sebagai “pengganti” kehangatan sosial yang tak ada untuknya.

Selalu mengikuti tren gadget bisa jadi tanda bahwa Anda sangat kesepian
Selalu mengikuti tren gadget bisa jadi tanda bahwa Anda sangat kesepian

Mencintai “benda”

Jika Anda tiba-tiba menggemari komputer model terbaru atau tas cantik yang harganya selangit, bisa jadi itu karena Anda merasa kesepian, demikian disebutkan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research. Penyebabnya adalah posesif dengan hal-hal yang bersifat material setelah melihat orang-orang sekeliling dengan bangga memamerkan kepunyaan mereka.

Teman Anda kesepian

Bukan hanya flu, namun rasa kesendirian juga bisa menular, lho. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, saat Anda merasa hampa, Anda akan bersikap tidak ramah dan canggung di depan orang lain yang akhirnya berujung pada isolasi sosial dan penolakan.

Lebih banyak “teman” Facebook

Saat teman Anda di media sosial lebih banyak dibandingkan di dunia nyata, itu tandanya Anda sudah terlalu kesepian. Bahkan, selalu berbagi mood dan pengalaman di Facebook hanya akan membuat Anda merasa semakin kesepian.

Jika merasakan kesendirian, Anda akan lebih sering melamun
Jika merasakan kesendirian, Anda akan lebih sering melamun

Banyak merenung

Saat merasa sendirian, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk merenung. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Directions in Psychological Science, seseorang merasa terlalu kesepian karena stres atau masa kecil yang sulit.

Sering sakit dan depresi

Merasa kesepian juga bisa membuat sistem kekebalan menurun, lho. Anda mungkin jadi mudah terserang flu dan demam. Selain itu, menurut American Psychological Association, kesendirian bisa menjadi faktor resiko yang memicu depresi dan gangguan kesehatan mental.

Baca Juga : SUSAH KONSENTRASI? MAKAN SALMON DULU!

Well, did it slap you, B’timers? Kalau Anda merasakannya, atau seseorang yang dekat dengan Anda mengalaminya, mungkin saja itu tanda-tanda “loneliness”. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau psikologi untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Share This Article