Kenali 10 Gangguan Kepribadian yang Terselubung | Breaktime
Hati-Hati, Kenali 10 Gangguan Kepribadian yang Terselubung
23.12.2015

Setiap manusia pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Tipe kepribadian memang ada bermacam-macam dan B’timers juga tentu mempunyai sifat yang tak sama dengan orang lain. Nah, sama halnya dengan kesehatan fisik, juga ada sejumlah gangguan mental yang bisa merugikan tak hanya diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Tidak terlihat dan terasa, inilah 10 jenis gangguan kepribadian yang seringkali terselubung:

Paranoid

Merupakan kegelisahan atau ketakutan berlebihan yang mencapai titik psycho atau seperti gila. Terkadang mempercayai keyakinan atau konspirasi tertentu dan menyalahkan atau menakuti orang lain yang memandang perilaku mereka berbeda.

Schizoid

Adalah kurangnya ketertarikan sosial sehingga lebih suka menyendiri dan terikat dengan sisi emosional yang dingin. Kepribadian ini cukup jarang terjadi dibandingkan yang lainnya.

Schizotypal

Merupakan kebutuhan isolasi sosial, perilaku dan pemikiran aneh, serta keyakinan yang tidak lazim, seperti percaya bahwa ia memiliki kemampuan indra keenam. Ada banyak orang yang memiliki gangguan kepribadian ini dibandingkan lainnya.

Antisocial

Lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Antisosial terlihat dari keterbatasan emosi pada diri seseorang. Ini ditunjukkan dengan kurangnya empati terhadap orang lain sebab mereka memang tidak bisa merasakannya.

Borderline

Adalah gangguan mental di mana seseorang percaya bahwa segala sesuatu hanya ada satu di antara dua kemungkinan, ia pun menolak percaya ada kemungkinan lain di antaranya. Cirinya adalah ketidakstabilan mood, hubungan, serta perilakunya.

Kenali 10 Gangguan Kepribadian yang Terselubung | Breaktime
Gangguan kepribadian seringkali tidak tampak dengan jelas

Histrionic

Ditandai dengan ekspresi emosional yang berlebihan dan suka mencari perhatian, hingga melakukan kebohongan yang tak pantas, biasanya terjadi saat seseorang mulai menginjak usia dewasa.

Narcissistic

Merupakan fokus yang sangat ekstrim terhadap diri sendiri, dan itu bisa menyebabkan penderitaan dan gangguan fungsional. Namun, tak semua orang yang memiliki gangguan kepribadian ini dapat terlihat jelas lewat perilakunya.

Avoidant

Adalah perasaan serba kekurangan, sensitif berlebihan terhadap komentar negatif dan menghindari interaksi sosial. Orang dengan gangguan kepribadian ini merasa dirinya kikuk dan tak suka berinteraksi sosial karena takut diejek atau dipermalukan.

Dependent

Ialah ketergantungan psikologis terhadap orang lain. Orang dengan gangguan kepribadian ini sangat sulit membuat keputusan tanpa bantuan saran dan masukan dari orang lain. Ia sangat membutuhkan orang lain dalam segala aspek hidupnya.

Obsessive-compulsive

Ditandai dengan perilaku obsesif, kesengsaraan, serta pikiran yang sibuk dan berusaha menetralisir obsesi yang dimiliki. World Health Organization mengklaimnya sebagai satu dari sepuluh penyakit yang paling berpotensi menghilangkan kualitas hidup.

Itulah sepuluh gangguan kepribadian yang terselubung, tak tampak namun bisa sangat merugikan atau bahkan membahayakan. Jika B’timers melihat atau menemukan tanda-tandanya pada seseorang yang dikenal, sebaiknya cobalah berkonsultasi dengan dokter. (md)

Share This Article