Hati-hati! Ini Dampak Buruk dari Menghukum Anak! | Breaktime
Hati-hati! Ini Dampak Buruk dari Menghukum Anak!
18.11.2016

Sering memberikan hukuman pada anak Anda karena melakukan kesalahan, B’timers? Well, kita sebagai orangtua memang ingin menerapkan kedisiplinan pada anak. Dan tidak sedikit orangtua yang mengakui telah mulai memberikan hukuman kepada anak sejak usia dini, lho. Dan bentuk hukumannya pun bisa bermacam-macam. Namun simak dampak buruk dari menghukum anak berikut ini, yuk, B’timers!

Hati-hati! Ini Dampak Buruk dari Menghukum Anak! | Breaktime
Jangan marahi mereka hanya karena kesalahan yang dilakukan

Meningkatkan agresi pada anak

Hukuman fisik yang diterima oleh anak, meskipun itu hanya dimaksudkan untuk membuat mereka jera, tetapi dapat menimbulkan efek negatif di masa depan, lho. Anak-anak belum mampu memahami beda dari kekerasan fisik yang diterima sebagai bentuk hukuman. Dan dengan Anda memberi hukuman fisik, mereka akan meniru sikap keras orangtua. Nantinya akan timbul peningkatan agresi pada anak, lho.

Penyalahgunaan kekuatan fisik

Remaja maupun anak-anak yang pernah menerima hukuman fisik, terbukti tiga kali lebih mungkin akan melakukan hal yang sama terhadap anak-anak mereka nantinya. Memukul, yang kita anggap sebagai bentuk hukuman, ternyata mereka lihat sebagai salah satu jalan keluar dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Ketika dewasa mereka mungkin akan mudah memukul pasangan dan anak-anaknya.

Hati-hati! Ini Dampak Buruk dari Menghukum Anak! | Breaktime
Anak-anak belajar melalui cinta, bukan karena hukuman orangtua

Gangguan perkembangan kognitif

Hayoo, untuk para orangtua yang masih suka menggukana kekerasan sebagai bentuk untuk menghukum anak, salah satu dampak buruk dari hal tersebut adalah dapat mempengaruhi perkembangan kognitif si kecil. Mereka yang sering dihukum, termasuk dipukul, akan menunjukkan penurunan kemampuan dari fungsi kognitif. Dan hal ini pasti akan mempengaruhi prestasi belajar mereka di lingkungan sekolah.

Mengganggu perkembangan emosi

Tidak hanya dapat mempengaruhi kecerdasan otak, anak-anak yang sering mendapatkan hukuman dari orangtuanya akan lebih mungkin mengalami gangguan secara emosional, B’timers. Bahkan meskipun Anda hanya memarahinya, hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan psikologis dari anak-anak. Mereka akan tumbuh dengan sikap yang rendah diri, lebih sering cemas dan menderita tekanan batin.

Nah, setelah tahu dampak buruk menghukum anak, Anda masih akan memberikan mereka hukuman karena kesalahan yang dilakukan? Anak-anak tidak akan belajar dari hukuman. Mereka belajar banyak hal dari cinta dan perhatian, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE