Ini 5 Dampak Terburuk Terlalu Menutup Diri | Breaktime
Hati-Hati, Ini 5 Dampak Terburuk Terlalu Menutup Diri
05.02.2016

Apa pendapat Anda terhadap para introvert, B’timer? Apa Anda sendiri termasuk orang yang tertutup? Jika ya, kini saatnya Anda untuk sedikit demi sedikit berubah. Pasalnya, menjadi orang introvert memberikan dampak buruk yang bisa dibilang mengerikan. Apa saja sih, dampak terlalu menutup diri? Yuk, baca ulasannya!

Kesulitan meraih jenjang karier yang lebih tinggi

Menutup diri mungkin membantu Anda menyelesaikan tugas dan tanggungan lebih cepat. Namun Anda harus menyadari bahwa menutup diri akan membuat jenjang karier tidak berkembang. Anda akan mengalami kesulitan mempromosikan diri untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Menjadi orang introvert membuat cahaya Anda redup meskipun Anda adalah karyawan berprestasi. Atasan Anda tentu berpikir ulang apakah dia benar-benar akan mempercayakan jabatan penting pada orang yang kurang pandai bergaul.

Ini 5 Dampak Terburuk Terlalu Menutup Diri | Breaktime
Kesulitan meraih jabatan tinggi

Ditinggal sendirian di pesta-pesta

Kerugian ini mungkin saja jarang terjadi. Tapi bayangkan saat Anda diundang dalam pesta besar seperti pernikahan rekan kerja atau penyambutan pimpinan baru, misalnya. Bagaimana Anda akan mengatasi keadaan jika Anda terlalu menutup diri? Orang-orang akan meninggalkan Anda sendirian di pesta karena Anda terlalu pendiam. Akhirnya, Anda akan merasakan kesepian di tengah keramaian.

Sulit mengungkapkan cinta

Saat jatuh cinta, menutup diri Akan membuat Anda semakin tersiksa. Ingat, B’timers, tidak selamanya mencintai dalam diam itu menyenangkan. Ada kalanya Anda akan tergoda untuk menyatakan cinta. Tapi, apa yang harus dilakukan jika Anda terlalu menutup diri dan pemalu? Kehilangan cinta! Itulah salah satu dampak terlalu menutup diri yang membuat Anda rugi sendiri.

Terkesan sombong dan kasar

Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang menilai para introvert sebenarnya bukan pendiam, melainkan sombong? Dicap sombong tentu akan membuat Anda merasa tidak enak hati, bukan? Terlebih lagi, orang yang dinilai sombong juga terkesan menakutkan dan kasar. Tentu Anda tidak ingin dinilai buruk seperti itu kan, B’timers?

Ini 5 Dampak Terburuk Terlalu Menutup Diri | Breaktime
Dijauhi karena terkesan menakutkan

Berpotensi jadi korban bullying

Ini mungkin akan menjadi dampak terburuk yang akan diterima orang introvert. Terlalu menutup diri akan membuat orang lain menilai Anda sebagai orang aneh, bisu, tuli, culun dan beberapa kata-kata tidak menyenangkan lainnya. Akibatnya, mereka menganggap Anda sebagai bahan lelucon dan objek untuk bersenang-senang dan ditindas. Anda tentu tidak mau mengalami hal mengerikan tersebut, bukan?

Menjadi orang yang tertutup mungkin saja memberikan beberapa manfaat, namun kerugian besar juga akan menjadi dampak terlalu menutup diri. Jadi, mulailah mencoba terbuka dan bergaul dengan orang-orang di sekitar, ya! (nap)

Share This Article