Hati-Hati, Depresi Bisa Menghancurkan Hidup Anda | Breaktime
Hati-Hati, Depresi Bisa Menghancurkan Hidup Anda
28.08.2015

B’timers, tahukah Anda jika perasaan sedih dan tertekan belum tentu tergolong dalam depresi? Tapi, depresi sudah pasti mengandung kedua hal tersebut. Depresi adalah sebuah gangguan psikis yang mempengaruhi mood, kondisi emosional, dan pola pikir seseorang.

Depresi tidak bisa sembuh dalam waktu singkat dan membutuhkan proses yang sangat panjang untuk untuk menghilangkannya. Berbeda dengan rasa sedih yang mungkin akan menghilang dalam tempo waktu 3-7 hari, depresi bisa bertahan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Baca juga: MUDAH TERBAWA PERASAAN, MENULISLAH!

Penyebab depresi

Depresi disebabkan sejumlah faktor, misalnya saja kejadian yang meninggalkan trauma mendalam seperti kematian seseorang atau masalah finansial. Bisa juga disebabkan oleh sisi biologis seperti perubahan keseimbangan hormon yang berujung pada penurunan pasokan energi dan akhirnya seseorang akan mengalami depresi. Dari semua penyabab depresi, trauma adalah faktor yang sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang dan sulit diatasi.

Tanda-tanda depresi

Tanda yang paling menonjol dari penderita depresi adalah adanya mood swing atau perubahan mood yang sangat cepat. Seseorang yang sebentar merasa sedih kemudian menjadi sangat gembira dalam waktu singkat atau sebaliknya, bisa jadi mengalami depresi. Seseorang yang mengalami depresi akan mengalami penurunan daya pikir dan kesulitan berkonsentrasi serta beristirahat. Akibatnya, proses metabolisme dan kekebalan tubuh pun akan terganggu.

Depresi bisa menyebabkan kesedihan yang tidak berujung
Depresi bisa menyebabkan kesedihan yang tidak berujung

Cara mengatasi depresi

Cara termudah untuk mengatasi depresi memang dengan mengonsumsi obat antidepresan. Sayangnya, solusi ini hanya bisa mengatasi masalah dalam jangka waktu singkat namun tidak bisa menyembuhkan depresi secara total. Maka dari itu, sebaiknya depresi diatasi dengan pendekataan rohani, misalnya dengan melakukan meditasi atau lebih banyak beribadah.

Selain itu, depresi juga bisa dikurangi dengan berbagai cerita pada seseorang yang dipercaya. Membagikan beban yang dirasakan akan mengurangi stres dan mempermudah Anda untuk mendapat masukan tentang masalah yang dihadapi. Tak hanya itu, perbanyak kegiatan yang menciptakan rasa bahagia pada diri Anda. Meski itu sangat sepele seperti memasak atau nonton film favorit, apapun yang membuat Anda bahagia akan membantu menyembuhkan depresi. Semangat, B’timers!

Share This Article