Harunya Suka Duka Anak Kos di Bulan Puasa | Breaktime
Harunya Suka Duka Anak Kos di Bulan Puasa
24.06.2017

B’timers, sudah seharusnya bulan puasa itu ditandai dengan semakin eratnya rasa kebersamaan. Kita lebih sering makan bersama keluarga, entah itu pada saat waktu sahur maupun saat berbuka. Salat Tarawih bersama hingga ngabuburit bersama sanak famili juga sudah sewajarnya adalah sebuah pemandangan yang umum di Bulan Ramadhan. 

Harunya Suka Duka Anak Kos di Bulan Puasa  | Breaktime
Anak kos di bulan puasa tetap tak jauh dari menu mie instan

Namun apa jadinya dengan anak kos yang berjuang hidup sendiri di tanah perantauan? Ah, membayangkannya saja hati kita pasti langsung ikut mencelos rasanya. Berbeda dengan mereka yang nyaman melaksanakan ibadah puasa di rumah bersama ibu, ayah dan para saudara— anak kos cuma bisa gigit jari selagi menghitung selesainya puasa yang mereka jalani hari demi hari. Sembari menahan rindu terhadap suasana hangatnya bulan suci di kampung halaman, anak kos acap kali hanya dapat termangu, seraya memanjatkan doa agar Ia bisa melewati segala ujian dan rintangan yang dilewatinya selama masa studi berlangsung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu!

Boro-boro merasakan makan sahur enak ditemani oleh sanak keluarga, anak kos justru sering sekali melewatkan waktu sahur karena berbagai alasan. Ada yang disebabkan karena kelelahan setelah mengemban beban mengerjakan tugas. Ada pula yang sedang krisis ekonomi, sehingga sisa uang hanya bisa dipakai untuk membeli menu berbuka di sore hari nanti. Namun bukan anak kos namanya kalau tidak cerdik dalam memanfaatkan peluang. Bagi beberapa anak kos, mereka bisa banget patungan bersama tetangga kos mereka untuk menghelat aktivitas sahur maupun buka bersama. Ya, hitung-hitung juga pengeluaran selama Ramadhan jatuhnya jadi lebih hemat.

Atau mungkin bagi mereka yang sudah sangat kepepet, memasang muka memelas di depan ibu kos mungkin adalah salah satu bentuk strategi yang kerap kali dilancarkan. Tak jarang akhirnya ibu kos merasa iba dan tak tega. Jadilah para anak kos yang malang ini mendapat sajian sahur atau berbuka dari ibu kos secara cuma-cuma. 

Harunya Suka Duka Anak Kos di Bulan Puasa  | Breaktime
Buka bersama teman-teman mempererat tali persaudaraan

Tak ketinggalan, kegiatan berburu takjil dan buka gratis juga sudah pasti pernah dialami oleh para anak kos. Ketika mereka malas untuk sekedar memasak mi instan dan telur di dapur, solusi satu ini memang selalu pas hukumnya untuk dilakoni. Selain rasa kenyang, buka bersama di masjid seperti ini juga memberi manfaat lain lho bagi mereka. Sebut saja, para anak kos jadi bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar masjid. Dan siapa tahu juga para anak kos bisa mendapatkan pelajaran hidup yang bermakna dari mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Moms, Ini Tips Ajarkan Buah Hati Mulai Berpuasa!

Dari segi kebiasaan beribadah, tentu para anak kos yang baru pertama kali bermukim di daerah kos tersebut akan mengalami semacam culture shock. Akan ada budaya baru yang muncul atau justru hilang dari rutinitas Ramadhan mereka. Contohnya seperti budaya membagikan makanan pada sesama tetangga di tanggal-tanggal tertentu. Saat ibadah salat Tarawih juga, kemungkinan akan muncul perbedaan tata cara salat jika dibandingkan dengan di kampung halaman. Baik itu dari segi bacaannya maupun tradisi lain yang tentunya asing di pikiran mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!

Semua suka duka selama bulan puasa ini pada akhirnya dijalani oleh para anak kos dengan tulus ikhlas. Satu-satunya motivasi mereka untuk tetap bertahan sudah jelas ada momen untuk kembali pulang. Dengan sabar, mereka menunggu habisnya tanggal seraya membayangkan senyuman merekah ayah dan ibu— menyambut mereka dengan penuh haru tangis bahagia. Inilah yang jadi sumber kobaran semangat anak kos, menjalani kerasnya kehidupan perantauan, di tengah bulan puasa yang penuh rahmat dan ampunan Tuhan.  (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE