Hancurkan Bullying Dengan 4 Tips Ini, B'timers! | Breaktime
Hancurkan Bullying Dengan 4 Tips Ini, B'timers!
22.12.2015

B'timers mungkin sudah tidak asing dengan kata bullying bukan? Ya, sebuah pertikaian yang melibatkan seseorang dengan sebuah kelompok. Bullying memiliki dampak yang sangat buruk pada karakter seseorang, kondisi psikis, bahkan fisik. Pada jama dulu, bullying hanya sekadar candaan seperti saling mengolok saja.

Selain remaja ternyata saat ini bullying juga terjadi di kalangan orang dewasa. Bullyng di usia dewasa terjadi di area tempat tinggal dan tempat bekerja. Bullying pada orang dewasa lebih mengerikan dibandingkan dengan usia remaja. Penekanan yang dilakukan terhadap seseorang lebih intensif dan bahkan ada yang sampai kehilangan motivasi untuk hidup.

Namun jangan khawatir B'timers, ada cara mudah untuk mengatasi permasalahan bullying ini. Berikut beberapa tipsnya :

Hancurkan Bullying Dengan 4 Tips Ini, B'timers! | Breaktime
bullying bisa berakibat fatal apabila tidak dihentikan sejak sekarang

Respon baik

Langkah paling awal untuk menghadapi bullying adalah merespond mereka dengan kebaikan. Biasanya, mereka yang melakukan bullying akan merasa tidak enak dan salah tingkah karena sikap buruk mereka dibalas dengan kebaikan. Sikap baik yang dimaksud adalah, ketika bullying terjadi tetap tersenyum dan sapalah saat Anda disapa meskipun dengan olokan.

Bersikaplah tegas

Tegas disini bukan berarti Anda harus agresif disetiap bullying mengarah kepada Anda. Cukup katakan pada mereka yang melakukan bullying untuk tidak mengulanginya lalu diamkan mereka saat Anda dibutuhkan. Ini akan membuatnya jerah dan berpikir ulang untuk melakukan kejahatan pada Anda.

Buatlah grup sendiri

Meskipun Anda adalah seorang individu dengan hati yang kuat, Anda tetaplah mahluk sosial yang membutuhkan teman walau hanya sebagai teman bercerita saja. Buatlahs sebuah kelompok sendiri dan itu akan membuat Anda lebih berani serta percaya diri ketika terjadi bullying yang mengarah ke diri Anda.

Gunakan kecerdikan

Luangkanlah waktu Anda untuk membaca undang-undang atau peraturan kantor yang mengarah pada hak pribadi. Sudah cukup banyak peraturan  yang mengatur tentang kebebasan seseorang. Jadi, ketika bullying terjadi cukup Anda mereka aksi itu baik menggunakan video atau alat perekam, lalu laporkan ke atasan atau petugas yang berwenang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melawan balik mereka yang melakukan bullying. Yang terpenting adalah niat yang besar, serta motivasi diri agar Anda tidak tergoyahkan nantinya. (wsu)

Share This Article