Hal-Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Picu Depresi! | Breaktime
Hal-Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Picu Depresi!
22.09.2015

Banyak hal yang diduga sebagai pemicu depresi, antara lain trauma, desakan ekonomi, dan juga ketakutan yang mendalam. Tidak hanya itu saja, ternyata depresi bisa dipicu hal remeh-temeh yang Anda tidak sadari sebagai penyebabnya. Berikut ini 5 penyebab depresi yang mungkin belum Anda sadari:

Merokok

Hentikan merokok karena sebabkan depresi
Hentikan merokok karena sebabkan depresi

Tanpa disadari, dengan merokok Anda meningkatkan resiko depresi pada diri sendiri. Rokok yang Anda hisap mengandung nikotin yang mempengaruhi kerja neurotransmitter yang ada di dalam otak. Akibatnya, jumlah dopamine dan serotonin tidak stabil dan lebih buruk lagi dapat menyebabkan kecanduan. Jika keinginan merokok tidak dipenuhi bisa menyebabkan seseorang menderita depresi yang parah.

Pola tidur yang buruk

Istirahat yang kurang mempengaruhi hormon stress tubuh
Istirahat yang kurang mempengaruhi hormon stress tubuh

Menurut Matthew Edlund, MD pimpinan dari Center for Circadian Medicine sekaligus penulis dari The Power of Rest, ketika Anda memiliki pola tidur yang buruk hal tersebut akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan bisa juga menyebabkan depresi. Maka dari itu, untuk membuat sistem metabolisme tubuh menjadi seimbang, usahakan tidur cukup selama 6 hingga 8 jam setiap harinya.

Tinggal di kota yang padat

Hidup di kota yang padat dengan persaingan ketat sebabkan depresi
Hidup di kota yang padat dengan persaingan ketat sebabkan depresi

Tinggal di kota yang memiliki penduduk padat dengan persaingan yang ketat, berisiko tinggi menyebabkan depresi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature pada tahun 2011, menunjukkan hasil bahwa kota yang memiliki kesibukan padat bisa meningkatkan hormon stres penduduknya. Dan tingkat hormon stres yang tinggi bisa memcu munculnya penyakit kejiwaan.

Terlalu banyak pilihan

Terlalu banyak pilihan juga bisa menyebabkan depresi
Terlalu banyak pilihan juga bisa menyebabkan depresi

Terlalu banyak pilihan ternyata juga bisa menyebabkan depresi. Baik itu dalam hal pekerjaan, percintaan, maupun kehidupan sehari-hari. Jika menghadapi suatu masalah, batasi pilihan Anda sehingga lebih mudah untuk memutuskan mana yang terbaik.

Mulai saat ini, jangan remehkan kebiasaan-kebiasaan tersebut ya, B’timers! Pastikan jiwa Anda senantiasa sehat dan terjaga. 

Share This Article