Gunakan Hobi untuk Raih Uang Tambahan, Why Not? | Breaktime
Gunakan Hobi untuk Raih Uang Tambahan, Why Not?
05.03.2016

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Kalimat tersebut 100 persen benar sekali, kan, B’timers? Ya, jika kita bekerja sesuai dengan hobi atau passion, tentunya pekerjaan akan semakin menyenangkan. Apalagi mendapat bayaran yang tinggi. Itulah kenapa banyak anak muda zaman sekarang yang memilih berwirausaha sesuai hobi daripada bekerja sebagai karyawan perusahaan.

Nah, jika Anda sudah terlanjur bekerja di sebuah perusahaan, Anda masih bisa memanfaatkan hobi sebagai ladang uang tambahan, kok! Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Jual produk

Jika Anda hobi dalam menciptakan prakarya, juallah! Jangan hanya ditumpuk memenuhi kamar tidur atau bahkan rumah Anda. Pastikan Anda memiliki sesuatu yang istimewa yang tidak dimiliki orang lain. Anda bisa menjualnya secara lokal atau ke seluruh dunia dengan menggunakan bantuan online store yang saat ini sedang happening.

Gunakan Hobi untuk Raih Uang Tambahan, Why Not? | Breaktime
Jual produk Anda secara offline atau online

Libatkan orang lain

Beberapa hobi, seperti bermain alat musik, tentu melibatkan orang lain. Namun hobi lainnya juga tidak menutup kemungkinan untuk membuat orang-orang bergabung. Temukan komunitas atau kelompok kecil orang yang memiliki hobi serupa dengan Anda. Gunakan perkumpulan tersebut untuk membuka jalan berubahnya karya Anda menjadi uang!

Temukan pekerjaan yang berkaitan

Beberapa hobi memang tidak mudah untuk berubah menjadi sebuah bisnis. Cobalah untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan hobi Anda. Suka bunga? Jadilah tukang kebun. Cinta kebugaran? Jadilah seorang pelatih. Anda mungkin tidak melakukan apa yang Anda inginkan, tetapi menemukan karier di mana Anda dapat berbagi kegembiraan dan pengetahuan untuk topik tertentu sangat bisa menggembirakan!

Ambil gambar

Hampir segala sesuatu yang Anda lakukan bisa difoto. Manfaatkan perkembangan teknologi yang kini semakin pesat. Ambil gambar tentang hobi Anda dan buatlah semenarik mungkin tanpa mengurangi esensi aslinya. Dengan mendokumentasikan hobi Anda ke dalam foto atau video, akan sangat mudah bagi Anda untuk memperkenalkan karya dari hobi Anda pada orang lain.

Gunakan Hobi untuk Raih Uang Tambahan, Why Not? | Breaktime
Ambil gambar sebagus dan semenarik mungkin

Bagikan secara online

Media online adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Bagikan foto karya atau hobi Anda ke internet dan tandai beberapa orang yang mungkin memiliki minat yang sama dengan Anda. Dengan demikian, kemungkinan terjualnya karya Anda akan semakin tinggi. Ingat, di awal penjualan usahakan tidak mencantumkan harga terlalu berlebihan. Kumpulkan pelanggan dan perbaiki kualitas, baru perlahan bisa menaikkan harga jual.

Semoga bermanfaat dan selamat mengumpulkan banyak uang ya, B’timers! (nap)

Share This Article