Gugup Bicara di Muka Umum? Atasi dengan Ini! | Breaktime
Gugup Bicara di Muka Umum? Atasi dengan Ini!
03.06.2016

Tidak tidak terbiasa, bicara di depan publik adalah hal yang berat. Rasa gugup menyerang dengan kuatnya yang jika boleh berlebihan, badan terasa bergetar hebat. Apalagi, jika harus bicara di depan forum besar dan resmi. Wah, bahaya lho jika yang seperti ini tidak segera di atasi. Jadi, bagaimana menundukkan kegugupan saat harus bicara di depan banyak orang? Ini tipsnya!

Tetap terhidrasi

Perlu Anda ketahui, seseorang jadi gugup berbicara di depan umum adalah karena mulutnya kering. Mulut yang kering akan membuatnya menderita dan grogi berbicara di depan banyak orang. Rahasianya? Tetaplah terhidrasi. Minum banyak air sebelum Anda berbicara. Dekatkan botol air Anda dengan Anda setiap saat. Pasalnya, semakin Anda gugup, semakin banyak air yang Anda perlukan.

Gugup Bicara di Muka Umum? Atasi dengan Ini! | Breaktime
Minum air putih yang banyak

Membiasakan diri untuk selalu tenang

Menurut para peneliti di Mayo Clinic, olahraga dapat mengurangi kecemasan dengan melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. Olahraga juga meningkatkan suhu tubuh, yang dapat memiliki efek menenangkan. Alihkan perhatian Anda dari kekhawatiran lalu Anda akan merasa lebih percaya diri. Bahkan, tersenyum pada seseorang yang Anda jumpai Anda di jalan atau menyapa seseorang di gym dapat membantu menenangkan kesemasan, lho.

Berlatih bicara melalui gambar, visualisasi dan tertawa sebelum bicara

Anda tentu sering merasa gugup bahkan sebelum giliran Anda untuk berbicara. Ini bisa Anda atasi dengan berlatih ketenangan melalui gambar tertentu. Jika tak ada yang melihat Anda, usahakan untuk tersenyum lebar dan katakan pada diri sendiri lelucon yang menyegarkan. Ambil napas dalam-dalam dan besar. Saat tiba giliran Anda, jaga senyum di wajah Anda dan cobalah untuk terlihat santai.

Gugup Bicara di Muka Umum? Atasi dengan Ini! | Breaktime
Waduh, sudah gugup bahkan sebelum mulai!

Tingkatkan energi

Ambil semua energi yang Anda miliki, entah itu energi positif atau negative. Penelitian menunjukkan bahwa stres juga ada manfaatnya untuk meningkatkan fokus Anda. Ubahlah energi negatif menjadi energi positif dan buatlah audiens Anda akan duduk dan memperhatikan. Jika Anda berenergi, mereka akan lebih bersemangat untuk berinteraksi dengan Anda. Ini sungguhan, lho!

Persiapan matang

Tentu saja, yang terpenting dari semuanya adalah persiapan yang matang. Dengan berbekal teori dan latihan yang cukup, meski gugup hal itu akan tetap bisa Anda atasi. Jadi, jika Anda menyadari diri Anda memiliki panic attack saat berbicara di muka umum, persiapkan diri dengan baik, ya! (nap)

Share This Article