Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial? | Breaktime
Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial?
14.06.2017

Berapa banyak buku yang Anda lahap dalam seminggu, B’timers? Bagi sebagian besar orang, membaca buku menjadi hobi yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Tak peduli seberapa sibuknya mereka akan ada waktu untuk membuka beberapa lembar halaman buku di tangan, lho. Bahkan sambil menanti waktu di bandara atau ketika antri di dokter, tidak menjadi alasan mereka untuk lupa membaca buku.

Nah, berdasarkan penelitian terbaru diungkapkan bahwa hobi baca buku yang dimiliki seseorang dapat mempengaruhi perilaku sosial mereka, B’timers. Well, mungkin Anda bertanya, bagaimana mungkin jika kita membaca narasi dapat mempengaruhi pikiran. Sejak beberapa tahun terakhir, penelitian dilakukan untuk mencari tahu, hubungan dari aktivitas otak dengan kegemaran seseorang membaca.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa

Gail Rebuck, CEO Random House UK, mengemukakan hasil studinya yang berisi bahwa, orang yang hobi membaca buku akan sangat mungkin memiliki empati yang jauh lebih tinggi, B’timers. Dan hal tersebut telah bisa kita temukan di dalam dunia nyata, betapa semakin banyak orang yang kehilangan empati dan simpatinya karena mereka tak lagi gemar membaca buku, melainkan tenggelam dalam smartphone-nya.

Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial? | Breaktime
Teknologi telah menggantikan peran buku

Well, hobi membaca buku yang sangat besar mempengaruhi cara seseorang dalam berpikir kini memang telah tenggelam dengan keberadaan smartphone yang menghabiskan waktu dari setiap pengguna untuk berselancar  dalam dunia maya. Meskipun telah diungkapkan bahwa, kemajuan teknologi bukan musuh yang perlu dijauhi, namun dengan gaya hidup seperti ini tentu bisa sangat buruk bagi kehidupan sosial/

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Penuh Haru dari Tradisi Buka Puasa Bersama

Percayalah, B’timers, dengan ungkapan, if we read less, we’ll care less. Tetapi benarkah hobi membaca secara efektif mengubah otak seseorang dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berempati pada orang lain? Bahkan sangat disarankan untuk mengenalkan kegemaran membaca pada anak-anak sedini mungkin untuk mendapatkan manfaat positif, lho, B’timers.

Gemar Baca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial? | Breaktime
Ajarkan anak sedini mungkin membaca

Jawaban dari hobi membaca dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang adalah, karena membaca merupakan sebuah kegiatan mental yang sama sekali beda dengan menonton televisi, berbicara dengan seseorang atau mengalami suati kejadian di dunia nyata. Membaca membutukan otak untuk bekerja. Otak dipaksa untuk membangun, membayangkan dan menjaga imajinasi di depan mata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur!

Itu semua karena pemandangan, bau, suara, selera dan sensasi fisik belum ada di depan mata kita yang sedang membaca. Jadi otak perlu menciptakan semua itu agar kita dapat secara otomatis menyerap apa yang tengah kit a baca, B’timers. Meskipun membaca ini sifatnya terbatas, karena yang bisa kita rasakan hanya dengan membaca itu tidak dapat digapai, namun inilah kelebihan dari membaca.

Karena dengan adanya keterbatasan tersebutlah yang mendorong dan memaksa otak untuk mengisi apa yang tengah kosong tersebut, B’timers. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, aktivitas otak dalam menciptakan imajinasi ini adalah satu hal yang sangat baik untuk pikiran dan tidak ketinggaln juga untuk sifat emosional kita yang perlu dikembangkan lebih lanjut, B’timers.

Berdasarkan salah satu penelitian terbaru yang menggunakan teknologi fMRI atau functional Magnetic Resonance Imaging untuk melacak aktivitas otak membuktikan bahwa, dengan kegemaran seseorang di dalam membaca buku, bisa secara dramatis mengubah kesadaran kita, lho, B’timers. Ini memang bukan hal yang mengejutkan, karena telah lama membaca buku digunakan sebagai metode meditasi.

Nah, Anda masih ragu dengan manfaat yang ditawarkan dari membaca buku, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE