Gapai Ketenangan Batin untuk Hidup yang Seimbang | Breaktime
Gapai Ketenangan Batin untuk Hidup yang Seimbang
06.02.2016

Kehidupan ditandai dengan naik-turunnya mood dan kondisi Anda. Aktivitas rutin setiap hari menuntut B’timers untuk turut masuk dalam hiruk pikuk yang memusingkan. Tekanan demi tekanan membebani Anda setiap hari, namun bukan berarti Anda justru larut dalam suasana carut marut itu. B’timers bisa meluangkan waktu sejenak untuk menemukan kedamaian dalam diri Anda.

Ketahuilah batas diri Anda

Satu-satunya orang yang paling mengerti kondisi Anda adalah Anda sendiri. Jadi, tetapkan batas kapan Anda harus bekerja giat atau harus meluangkan waktu sejenak. Tidak semua pekerjaan harus B’timers beri batas sebagai sempurna, asalkan Anda bisa melalui dengan baik maka hal tersebut akan memberi kedamaian tersendiri bagi jiwa Anda.

Relaksasi bukan berarti malas-malasan

Mungkin B’timers adalah tipe yang sering menunda-nunda untuk beristirahat karena tidak ingin dikatakan bermalasan. Namun, faktanya tubuh Anda tentu mengharapkan untuk beristirahat. Sejenak melemaskan otot bahu dan punggung yang kaku akibat bekerja seharian bukan hal yang salah. Meditasi, berendam air hangat, atau mendengarkan musik klasik bisa jadi alternatif pelarian sejenak dari penat.

Gapai Ketenangan Batin untuk Hidup yang Seimbang | Breaktime
Temukan metode relaksasi yang pas, cause you deserve it!

You did a good job though!

Ketika B’timers menyelesaikan suatu proyek yang menurut Anda sempurna hingga Anda mulai membandingkan dengan proyek milik orang lain. Membanding-bandingkan jelas tidak akan membawa kedamaian dalam diri Anda. Hal yang terpenting adalah Anda sudah melakukan yang terbaik dan belum tentu orang lain bisa melakukan hal tersebut sehebat Anda.

Buat ruang kerja minimalis

Ruang kerja sangat berpengaruh pada mood Anda. Ruang kerja yang penuh dengan tumpukan buku-buku serta dengan berbagai tempelan notes di meja yang tertuliskan deadline proyek Anda tidak akan membuat suasana hati Anda membaik. Buat ruang kerja B’timers sesederhana mungkin agar Anda tetap fokus pada pekerjaan sehari-hari Anda.

Gapai Ketenangan Batin untuk Hidup yang Seimbang | Breaktime
Ruang kerja minimalis membantu Anda tetap fokus dan tenang

Take a deep breath and let go

Pikiran negatif seringkali merayap dalam otak Anda. Hal ini membuat mood menjadi jelek, apalagi ditambah dengan kelakuan atasan atau rekan kerja yang bagai menyiram minyak dalam api. Saat suasana hati mulai memburuk, berhentilah sejenak dan pejamkan mata Anda sejenak. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, lakukan berulang selama dua menit. Maka pikiran buruk serta mood Anda akan membaik seiring berjalannya waktu.

Terkadang memang hidup sering putar balik tanpa arah. Ada kalanya Anda berangkat dengan ceria di pagi hari, namun sesampainya di kantor selalu ada hal yang menganggu. B’timers tidak perlu khawatir berlebih, karena hal tersebut merupakan bumbu-bumbu kehidupan.

Yakinkan setiap menit bahwa Anda bahagia dan Anda patut untuk berbahagia. Dengan begitu B’timers mampu meraih kedamaian dan menyeimbangkan hidup Anda sehari-hari. Semoga B’timers selalu kedamaian hati yang berlimpah ruah. (ft)

Share This Article