Fakta Fakta Mengejutkan Tentang Meditasi | Breaktime
Fakta Mengejutkan Tentang Meditasi yang Tak Pernah Kita Tahu
06.07.2015
“The stormy life can be braved only the heart’s sunny meditation.” – Sri Chinmoy

Selama ribuan tahun, begitu banyak orang di seluruh dunia sudah melakukan meditasi sebagai ritual. Entah seseorang sudah menjadikannya rutinitas, maupun baru berkenalan dengan meditasi, selalu ada hal baru yang muncul dan menjadi “pelajaran” saat bermeditasi, B’timers. Lalu, apa sebenarnya manfaat meditasi dan cara melakukannya yang benar? Berikut Breaktime beberkan fakta rahasia tentang meditasi:

Pikiran kita akan tenang dengan sendirinya

Jika Anda berusaha mengosongkan pikiran, justru akan terjadi sebaliknya di mana pikiran makin sulit untuk tenang. Saat bermeditasi, dengan sendirinya pikiran akan jadi rileks. Bahkan jika Anda hanya mengikuti ritme napas Anda.

Tidak butuh waktu lebih dari satu menit

Siapa bilang Anda harus bermeditasi selama 30 menit? It’s a no-no. Satu menit saja sudah cukup membuat pikiran Anda tenang. Apalagi, jika Anda rutin berlatih meditas setiap hari, akan semakin mudah untuk bermeditasi kapan saja. Baik di kantor, atau saat sedang di antrian, di manapun.

Caranya sederhana saja dengan mengikuti alur pernapasan

Bagi yang tidak terbiasa atau belum pernah mencoba meditasi, kesannya sulit dan membutuhkan teknik khusus, bukan? Padahal, sebenarnya meditasi sangat sederhana! Anda cukup duduk dengan nyaman, lalu perhatikan dan ikuti ritme napas Anda. Tarik dan hembuskan, ulangi hingga pikiran tenang.

contoh meditasi yang sangat sederhana
Meditasi bisa dilakukan dengan sangat sederhana

Sadari reaksi Anda saat pikiran Anda terpecah

Bagi pemula, kemungkinan besar pikiran Anda akan sulit fokus. Mungkin Anda tiba-tiba saja memikirkan akan makan apa nanti malam. Agar konsentrasi tak buyar seperti ini, saat pikiran mulai terpecah, kembali tarik napas dalam-dalam dan hembuskan, ini memang bagian dari proses meditasi.

Siapapun dapat bermeditasi dalam posisi apapun

Baik itu anak kecil yang masih berumur 5 tahun, atau lansia berusia 90 tahun, semua orang bisa melakukan meditasi! Tak hanya itu, pada dasarnya meditasi bisa dilakukan dengan posisi apapun yang menurut Anda paling nyaman, entah Anda ingin bermeditasi dengan duduk atau berdiri.

Tak ada “satu cara yang benar” untuk bermeditasi

Jika ingin mendalami meditasi, ada banyak teknik dan sekolah khusus untuk belajar meditasi. Bahkan, menurut sebuah buku Hindu kuno, Vigyan Bhairav Tantra, ada 112 cara untuk melakukan meditasi. Ada Zen, meditasi Vipassana, meditasi mantra, dan masih banyak lagi. It’s flexible!

Nah, tidakkah B’timers tertarik untuk melakukan ritual meditasi? Karena tak hanya badan yang perlu rileks, pikiran juga sama. Get closer with yourself within by doing meditation.

Share This Article