Dukungan Hangat Bagi Orang Terdekat Hadapi Perceraian | Breaktime
Dukungan Hangat untuk Bantu Orang Terdekat Hadapi Perceraian
24.12.2015

Perceraian merupakan sebuah prahara dalam rumah tangga yang akan menguras tenaga sekaligus menganggu keseimbangan mental. Perceraian yang terjadi pada orang dekat tentu akan menganggu dan membuat Anda merasa salag serba salah. Untuk itu, coba lakukan beberapa hal sederhana berikut.

Jadilah pendengar yang baik

Ketika teman atau saudara ingin membicarakan tentang perceraian mereka, biarkan mereka mengambil lebih banyak porsi dalam pembicaraan, sedangkan Anda harus menjadi pendengar yang baik. Terkadang, mereka hanya ingin melampiaskan emosi dan mengisahkan tentang kehidupan pernikahan yang telah mereka lalui. Dengarkan seluruh keluh kesah mereka dan sesekali beri pelukan yang menenangkan.

Dukungan Hangat Bagi Orang Terdekat Hadapi Perceraian | Breaktime
Anda bisa mendukung mereka untuk menemui profesional

Beri nasihat

Anda bisa memberikan mereka nasihat sebagai pencerahan. Meskipun nasihat ini kadang tak banyak membantu, bahkan diabaikan, setidaknya Anda telah mencoba untuk meringankan bebannya. Tak jarang pula pada akhirnya mereka menyalahkan Anda karena nasihat yang Anda berikan tak berjalan baik. Anda harus memahami kondisi ini.

Dukung untuk mendapatkan bantuan professional

Nasihat terbaik yang bisa Anda berikan untuknya, bisa jadi adalah saran untuk menemui profesional. Profesional seperti pengacara atau terapis, mampu membantu mereka untuk mengambil keputusan terbaik. Hal ini juga dapat membuat teman Anda merasa lebih baik dan nyaman.

Berikan batasan

Memberikan bantuan dan menjadi pendengar akan cerita-cerita mereka memang merupakan hal yang baik. Namun, berikan batasan pada bantuan-bantuan Anda. Jangan sampai karena ingin memberikan bantuan, kehidupan pribadi Anda terganggu dan tidak stabil.

Dukungan Hangat Bagi Orang Terdekat Hadapi Perceraian | Breaktime
Bantu mereka tetap sibuk agar sejenak melupakan perceraiannya

Hindari menjelek-jelekkan mantan pasangan mereka

Perceraian terkadang diawali dengan hal buruk seperti perselingkuhan. Namun, jangan sekalipun Anda menjelek-jelekkan mantan pasangan mereka karena kesalahan yang dilakukan. Bagaimanapun, mereka berdua pernah hidup bersama dan bahagia.

Bantu mereka tetap sibuk

Perceraian tentu akan menguras banyak tenaga dan air mata. Untuk itu, bantulah teman Anda untuk tetap sibuk, seperti melakukan hobi bersama, pergi belanja kebutuhan bulanan, serta merefresh otak dengan bersantai bersama. Kesibukan yang ada, akan melepaskan mereka dari kelamnya perceraian.

Berikan bantuan sebenarnya

Sebagai teman yang baik, jangan hanya menawarkan bantuan, seperti “Telepon saya ketika Anda butuh sesuatu”. Bantuan seperti ini merupakan bantuan yang banyak ditawarkan oleh orang lain sebagai bentuk dari basa-basi. Untuk itu, berikan bantuan sebenarnya pada mereka, seperti membantu menjaga anak-anak ketika mereka sibuk mengurus perceraian dan pergi ke pengadilan.

Perceraian bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi. Oleh karena itu, mereka yang sedang menghadapi perceraian dalam rumah tangganya membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat. (dfr)

Share This Article