Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah?
07.04.2017
“Everyone has bad day. And everyone has a way to cope with them”

Beberapa memilih untuk pergi keluar rumah dan menikmati matahari yang menghangatkan jiwa demi untuk menghilangkan rasa sedih. Berjalan-jalan di udara terbuka memang terbuktu ampuh untuk atasi rasa mellow yang tumbuh i dalam diri, B’timers. Orang lain mengobati suasana hati yang kelabu dengan makan atau berolahraga. Namun ada juga yang menggunakan musik sebagai obatnya.

Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Sebenarnya apa obat terbaik untuk mengatasi bad day?

Apa yang Anda lakukan ketika rasa sedih yang menyayat hati datang menyapa, B’timers? Mungkin Anda memutuskan untuk mendengarkan lagu-lagu ceria. Well, mendengarkan lagu atau musik menang dapat atasi atau setidaknya membantu mengurangi kesedihan yang kita rasakan. Namun bukan lagu ceria dan lagu dengan beat yang menghantak yang ternyata dapat membantu mengatasi air mata yang membisu.

Ya, menurut penelitian terbaru, justru lagu sedihlah yang sebenarnya paling efektif di dalam mengobati kesedihan, B’timers. Wow, that’s really unbelievable! Memang sejak lama diketahui, musik itu memiliki kemampuan yang ajaib dalam mempengaruhi dunia di dalam hati. Dan musik adalah jalan untuk masuk ke dalam dimensi yang berbeda dari dimensi kita. Musik merupakan bahasa yang universal.

Baca juga: SERING MENANGIS BIKIN KITA LEBIH KUAT, BENARKAH?

Sad music dapat menenangkan serta mendamaikan kalbu Anda. Well, seperti itulah hasil dari penelitian ilmiah terbaru. Ya, musik yang menyedihkan merupakan obat yang paling mujarab demi menyembuhkan jiwa yang terluka. Hal serupa dibuktikan oleh penelitian dari Free University of Berlin. Musik yang sedih memberikan efek mendalam pada suasana hati pendengarnya.

Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Sendiri dan sedih? Coba dengarkan sad song saja, B’timers

Jika Anda mendengarkan musik sedih, maka semangat dari dalam jiwa akan terbangun. Dan hal tersebut tentunya memberikan efek positif terhadap kesejahteraan emosional, B’timers. Menurut penelitian satu itu, musik sedih lebih membawa efek nostalgia. Nah, dengan ternyata nostalgia atau mengingat kembali kenangan indah di masa lalu, kita akan merasakan sentuhan kebahagiaan, B’timers.

Baca juga: HINDARI BERI ANAK HADIAH BARANG, INI SEBABNYA

Lebih lanjut diungkapkan oleh Krystine Batcho, seorang profesor dari Le Moyne College. Terdapat kaitan antara efek nostalgia dan kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati seseorang, B’timers. Hal ini karena nostalgia dapat memicu memori dan membuat kita teringat siapa diri kita pada masa lalu, seperti apa kita menghadapi tantangan di masa itu dan bagaimana hubungan kita dengan orang lain.

Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Ada banyak pesan yang disampaikan penyanyi dalam lagu

Garis lurus yang menghubungkan antara nostalgia dengan ketergantungan sosial hanya didapatkan dari mendengarkan sad music, B’timers. Lagu-lagu melankolis membantu kita merasa tidak sendirian dalam jurang duka. Karena kita juga ikut mengeruk kenangan masa lalu dari orang lain. Sayangnya cara ini tak selalubekerja untuk semua orang, lho. Beberapa orang mengaku mereka justru semakin depresi setelah mendengarkan lagu-lagu sedih.

Baca juga: ANAK TERTUA? TERNYATA INI MANFAATNYA UNTUK ANDA!

Namun untuk kebanyakan orang, mendengarkan lagu sedih terbukti dapat membantu mereka di dalam menenangkan diri sendiri. Biasanya kita cenderung mengidentifikasi lirik yang ada di setiap lagu sedih. Dan dengan cara inilah para pendengar merasakan empati kepada penyanyi lagu tersebut. Pada tahap selanjutnya, pendengar akan memahami bahwa orang lain memiliki pengalaman yang sama sedihnya.

Dengar Musik Sedih Bisa Bikin Bahagia, Benarkah? | Breaktime
Lagu memiliki kemampuan ajaib mengubah suasana hati

Ya, dengan mendengarkan suara dari orang lain ketika kita merasakan kesedihan yang begitu mendalam terbukti dapat meningkatkan mood Anda. Meskipun sedikit, namun efeknya dianggap sangat membantu mereka yang sedang berduka, B’timers.

So, dengan mengetahui bahwa mendengarkan lagu sedih justru membuat seseorang bahagia, Anda kini memiliki cara terbaik untuk mengobati rasa sendu. Well, meskipun penderitaan Anda tak akan berakhir dengan segera, tak ada salahnya memperbaiki suasana hati dengan lagu, kan? And next time a bad day comes to your frontdoor, just pick the right song, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE