Deal with the Stress Saat Berkendara di Tengah Kemacetan | Breaktime
Deal with the Stress Saat Berkendara di Tengah Kemacetan
21.05.2015

Bagi yang hidup di kota metropolitan seperti halnya Jakarta dan Surabaya, pastinya Anda sudah sangat akrab dengan yang namanya kemacetan. Tetapi, akrab bukan jaminan Anda sudah bisa mengatasinya dengan baik. Jika berada dalam keadaan yang panas, suara klakson yang bertubi-tubi, serobotan kendaraan lain, serta angkutan umum yang berhenti sembarangan, tentu lama kelamaan stress dan emosi jadi memuncak. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Susanne Alezander-Heaton, seorang pakar kesehatan anak dan juga penulis buku “The ABC Field Guide to Faeries” memiliki tips untuk mengatasi stress di saat mengemudi. Saat menyetir, ambil napas dalam-dalam melalui mulut, tahan selama 4 detik, dan lepaskan secara perlahan. 

Nah, selain mencoba kiat tersebut, Breaktime juga punya cara nih, supaya Anda merasa lebih happy saat sedang terjebak macet:

Sediakan camilan

Menyetir dalam jangka waktu yang lama dapat menguras energi. Jika energi tubuh berkurang kemudian menjadi lemas dan perut dalam keadaan kosong, tentu saja emosi akan gampang tersulut dan bisa menyebabkan stres. Untuk menghindari hal tersebut, sediakan beberapa snack yang banyak mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium dan juga zink yang dapat memperbaiki mood, seperti almond.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa membuat Anda bersemangat kembali
Mendengarkan musik bisa membuat Anda bersemangat kembali

Menurut Elizabeth Scotth, M.S., penulis buku “8 Keys to Stress Management”, mendengarkan musik dapat memberikan rasa bahagia dan juga menjadi obat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress. Masukkan beberapa list lagu yang enak didengar dan juga jadi favorit agar Anda bersemangat kembali. 

Lewat rute lain

Tahukah B’timers kalau rutinitas yang sama setiap hari akan memicu dan menciptakan kebosanan? Oleh karena itu, sekali-kali carilah rute lain yang memberikan suasana berbeda dan siapa tahu lebih bebas macet. 

Jalanan yang macet memang sudah tak terhindarkan lagi. Yang terpenting, you know how to deal with it dan dijamin rasa stress serta bad mood tak akan menghampiri.

Share This Article