Cuaca Buruk Bikin Tambah Produktif, Benarkah? | Breaktime
Cuaca Buruk Bikin Tambah Produktif, Benarkah?
04.03.2016

Hmm, musim hujan. Cuaca buruk sering dikaitkan dengan hal-hal yang membosankan. Well, langit yang berawan, angin bertiup kencang, dan tetesan air yang membasahi bumi memang membuat suasana hati setiap orang kelabu. Dan bagi banyak orang, cuaca yang buruk berdampak pada menurunnya produktivitas. Apakah Anda juga memiliki pendapat yang serupa, B’timers?

Padahal berdasarkan sebuah penelitian, hal tersebut justru tidak benar, B’timers. Benarkah? Dengan mengurangi potensi gangguan kognitif, cuaca buruk dapat membantu mempertahankan fokus bagi sebagian besar orang. Dan hasilnya, produktivitas mereka pun meningkat. Wow, bagaimana bisa cuaca buruk bikin tambah produktif?

Cuaca Buruk Bikin Tambah Produktif, Benarkah? | Breaktime
Cuaca ternyata mempengaruhi mood seseorang

Hubungan cuaca dengan tingkat produktivitas

Di saat kita berpikir cuaca buruk membuat orang malas untuk bekerja, penelitian menunjukkan hal yang sebaliknya, B’timers. Peneliti bernama Jooa Julia Lee, Francesca Gino dan Bradley Staats melihat bagaimana cuaca mempengaruhi produktivitas pekerja di sebuah bank Jepang. Mereka membuat hipotesis, bahwa cuaca yang baik terlalu mengganggu. Karena pikiran mereka menjadi teralihkan dengan adanya pilihan yang lebih menarik yang dapat dilakukan di luar ruangan.

Masih ragu mengapa cuaca buruk bikin tambah produktif, B’timers? Anda sendiri mungkin sering mengalaminya. Ketika berada di dalam ruangan kantor, sementara di luar matahari sedang bersinar cerah, Anda akan memikirkan mengenai semua hal yang bisa Anda lakukan di musim yang panas, dan bukannya terjebak di kantor. Hal inilah yang membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan.

Dalam sebuah eksperimen lain yang dilakukan di dalam laboratorium untuk meneliti mekanisme psikologis pekerja, dijelaskan hubungan antara cuaca buruk dengan peningkatan produktivitas. Berdasarkan penemuan tersebut, terbukti bahwa cuaca buruk bikin tambah produktif, B’timers. Bagaimana dengan Anda, apakah bekerja saat kondisi cuaca buruk membawa pengaruh tertentu? (NO)

Share This Article