Cinta dan Keuangan Berjalan Beriringan? Tipsnya | Breaktime
Cinta dan Keuangan Berjalan Beriringan? Ini Tipsnya
17.04.2016

Siapa yang tak ingin hidup bahagia bersama pasangan? Menjalin kehidupan penuh cinta, di mana B’timers dan pasangan tetap akur, ketika melewati masa-masa susah dan senang sekalipun. Namun, untuk dapat memenuhi semua kebutuhan itu dan merasa bahagia, tak bisa dihindari, kita memang membutuhkan uang.

Apalagi, bagi pasangan yang sudah menikah, seringkali masalah finansial menjadi penyebab utama cekcok atau pertengkaran. Lalu, agar tak saling menyalahkan, bagaimana ya, cara mengatur keuangan agar tetap berjalan beriringan dengan kehidupan cinta yang didambakan? B’timers tak perlu galau, berikut tips dari Breaktime:

Keterbukaan

Rasa percaya adalah fondasi dari hubungan yang sukses. Nah, kita tak bisa memungkiri bahwa uang menjadi hal yang sangat sensitif, dan bisa disangkut pautkan dengan kepercayaan. Saat Anda dan pasangan membicarakan masalah keuangan, itu bisa jadi sangat emosional.

Sebab, uang memang kerap dijadikan tolak ukur dari kerja keras, rasa aman dan status sosial. Jika salah satu pihak merasa tidak dipercaya atau sudah kehilangan kepercayaan, maka itu akan sulit diatasi. Karena itulah, bicarakan dengan pasangan dan jadilah terbuka tentang pengaturan keuangan Anda berdua.

Cinta dan Keuangan Berjalan Beriringan? Tipsnya | Breaktime
Tetap bahagia bersama pasangan dengan komunikasi yang baik tentang keuangan

Keseimbangan

Untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga khususnya, B’timers sebaiknya bicarakan dengan pasangan dan putuskan agar kedua belah pihak bisa sama-sama “memegang” uang dan mengaturnya. Why? Karena jika satu orang saja yang mengatur keuangan, itu akan jadi tanggung jawab yang sangat besar dan berat.

Keuntungan keuangan diatur oleh suami dan istri adalah, keduanya sama-sama tahu persis seperti apa kondisi finansial keluarga. Ini juga lebih memudahkan nantinya, jika misalnya terjadi perpisahan atau salah satu pasangan meninggal. Selain itu beri kebebasan terhadap pasangan untuk menyampaikan opininya, serta turut andil dalam membuat setiap keputusan.

Saling mendukung

Ini sangat umum terjadi pada pasangan yang telah menikah. Kemungkinan salah satu pasangan berhemat dan senang menabung untuk jangka panjang, sementara pasangan satunya ingin menikmati saja hari ini dan “santai” dalam mengeluarkan uang.

Nah, untuk menjembatani perbedaan ini, masing-masing harus mendukung pasangannya, namun tetap dengan cara yang bijak. Tanpa harus pelit atau terlalu boros, B’timers dan pasangan bisa kok, saling menjelaskan apa yang sebaiknya dilakukan agar kondisi keuangan tetap baik dan stabil.

Well, mengatur keuangan keluarga bisa jadi rumit, namun dengan mengikuti langkah-langkah tadi, B’timers dan pasangan akan dapat merajut cinta dengan benang uang yang dilandasi keterbukaan, komunikasi dan kepercayaan satu sama lain. (md)

Share This Article