Cerdas Mengelola Waktu Sebelum Sampai Usia 20? Ini Kuncinya!
Cerdas Mengelola Waktu Sebelum Sampai Usia 20? Ini Kuncinya!
30.12.2015

Mampu mengelola waktu dengan baik adalah salah satu cara terpenting untuk menjalani hidup dan mencapai tujuan yang diinginkan. Bahkan, akan semakin baik jika B’timers mampu mengelola waktu dengan optimal sedini mungkin. Nah, ada cara-cara jitu yang bisa dilakukan untuk sukses mengelola waktu sebelum usia Anda menginjak angka 20! Apa saja?

Menggunakan aplikasi atau catatan kalender setiap hari

Sekedar mengingat semua kegiatan atau janji penting adalah cara yang tidak efektif. Itulah mengapa sebaiknya Anda membuat catatan pada kalender untuk menandai hari dan jam yang penting.

Membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan

Anda bisa membuat sendiri jadwal kegiatan harian atau mingguan. Tuliskan apa saja yang harus dilakukan dan beri tanda setiap kali selesai mengerjakan sesuatu.

Tidur dengan waktu 7-9 jam sehari

Mengurangi waktu tidur untuk menyelesaikan pekerjaan bukanlah strategi yang jitu, dan sebaiknya hindari kebiasaan ini. Lebih baik jika kita merasa capek setelah seharian beraktivitas dan optimalkan waktu tidur Anda setidaknya 7-8 jam setiap malam.

Targetkan empat jam per hari untuk bekerja maksimal

Waktu kerja normal memang 8 jam per hari. Namun, sebenarnya waktu efektif berkerja hanya setengahnya atau empat jam dalam sehari. Dan itu merupakan saat-saat Anda yang paling produktif, jadi maksimalkan diri Anda dan selesaikan pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Cerdas Mengelola Waktu Sebelum Sampai Usia 20? Ini Kuncinya!
Cerdas mengelola waktu akan membuat Anda sukses

Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Ini berarti hindari multitasking atau mengerjakan banyak hal sekaligus. Sebab, itu hanya akan membuat Anda kesusahan menyelesaikan pekerjaan Anda. Sebaiknya fokuslah pada satu hal saja dalam satu waktu dan selesaikan pekerjaan itu dengan optimal.

Beristirahat di tengah hari kerja

Duduk di kursi selama berjam-jam setiap hari sebenarnya tak baik untuk kesehatan Anda. Untuk menjaga kesehatan dan fokus Anda, beristirahatlah 5-10 menit setiap jam dan berdirilah dari kursi Anda. Anda bisa mengambil minum atau meregangkan otot sejenak.

Belajar berkata tidak dengan efektif

Selalu berkata “ya” mungkin memang bisa menjadi awal yang baik untuk karir Anda. Namun, sebaiknya perlahan hilangkan kebiasaan ini dan belajarlah berkata tidak dengan efektif. Ini agar Anda benar-benar memahami, menerima dan menghargai kemampuan Anda, dengan tak serta-merta selalu mengiyakan permintaan orang lain.

Selain itu, jika Anda melakukan kesalahan, cara terbaik adalah cepat mengakuinya, lakukan perbaikan dan segeralah move on. Ini akan membuat B’timers menjadi pribadi yang cerdas dan semakin pandai mengelola waktu. (md)

Share This Article