Cerdas Manajemen Waktu Hanya dalam 40 Hari? | Breaktime
Cerdas Manajemen Waktu Hanya dalam 40 Hari? Ini Tipsnya!
15.01.2016

Mengatur waktu selama ini dianggap sebagai pekerjaan yang sangat berat. Seringnya aktivitas tidak berjalan dengan waktu yang akurat, membuat kita sering melewatkan hal-hal yang sebenarnya penting. Kebiasaan jam “karet” juga menjadi kendala terbesar seringnya kita kehilangan waktu berharga.

Namun, dengan tips-tips ini, kemampuan time management Anda pasti akan membaik hanya dalam 40 hari! Pada awalnya memang akan terasa berat, namun jika Anda lakukan dengan rutin dan konsisten, Anda akan berubah menjadi orang yang pandai mengatur waktu hanya dalam 40 hari. Apa saja tipsnya?

  • Jangan pernah terlambat

Cerdas Manajemen Waktu Hanya dalam 40 Hari? | Breaktime
Jangan lupa menyalakan alarm

Dalam hal apapun, jangan pernah membiarkan diri Anda terlambat lagi. Janji bertemu klien, menemani teman karaoke atau janji makan malam, jangan sampai Anda terlambat datang meskipun cuma satu menit. Caranya, nyalakan pengingat waktu baik itu alarm maupun reminder di ponsel Anda.

  • Buat jadwal dan patuhi jadwal Anda

Cerdas Manajemen Waktu Hanya dalam 40 Hari? | Breaktime
Buku agenda membantu Anda mengingat apa saja yang harus Anda lakukan

Buat sendiri rencana harian Anda dengan membuat jadwal di buku agenda. Sertakan juga waktu kapan Anda akan melaksanakannya dan catat juga di reminder ponsel. Pertimbangkan sebaik mungkin kapan estimasi waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan diri. Dan ingat, jangan pernah terlambat.

  • Berikan hukuman

Membuat jadwal atau agenda harian bukan untuk gaya-gayaan. Ini akan membantu Anda konsisten terhadap waktu. Karena itu, Anda harus berkomitmen untuk tidak pernah melanggar jadwal Anda sendiri. Jika melakukan pelanggaran, hukum diri Anda sendiri, dengan cara yang baik tentunya, agar Anda tidak mengulangi melanggar waktu.

  • Berikan hadiah atau reward

Cerdas Manajemen Waktu Hanya dalam 40 Hari? | Breaktime
Apresiasi diri Anda karena keberhasilan Anda

Sebaliknya, jika Anda sukses menjalankan agenda harian Anda dalam beberap hari tanpa cheating dan benar-benar tepat waktu, apreasi dan hargai diri Anda sendiri dengan reward.

  • Berbagi dengan orang lain

Nah, saat Anda merasa sukses dalam mengatur waktu Anda, ada baiknya jika Anda berbagi tips dengan orang-orang di sekitar Anda. Ajarkan tips yang Anda tahu tentang time manajemen.

Bukan untuk meggurui, namun cara ini justru membantu Anda untuk semakin komitmen terhadap waktu. Kenapa? Anda bisa mengajarkan pada seseorang, tentu akan memalukan jika Anda sendiri tidak melakukannya, bukan?

Semoga tips-tips di atas bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan time management Anda ya, B’timers. Dengan menjadi seseorang yang pandai mengatur waktu, Anda tidak akan kehilangan momen penting dan waktu berharga Anda baik bersama pasangan, teman maupun keluarga. (nap)

Share This Article