Cari Pekerjaan Baru? Intip Tips Membuat CV, yuk! | Breaktime
Cari Pekerjaan Baru? Intip Tips Membuat CV, yuk!
05.02.2017

Berencana akan mengirimkan lamaran pekerjaan dalam waktu dekat ini, B’timers? Well, mencari kerja memang tak semudah yang kita bayangkan. Bagi beberapa orang, mereka bisa mendapatkan posisi yang diidamkan dengan menjalani proses wawancara sempurna. Namun untuk memasuki tes tersebut, Anda perlu meloloskan diri melalui surat lamaran dan CV yang bisa diandalkan, B’timers. So, sebelum menulis lamaran, ada baiknya Anda mengintip tips membuat CV di bawah ini!

Sebenarnya tidak ada cara yang benar atau salah dalam menulis Curriculum Vitae, kok, B’timers. Namun ada beberapa poin yang harus Anda masukkan ke dalamnya. Misalnya seperti informasi pribadi, kontak yang dapat dihubungi, pendidikan dan kualifikasi, pengalaman pekerjaan sebelumnya, ketrampilan yang Anda miliki berkaitan dengan posisi yang akan Anda lamar, prestasi yang pernah Anda raih dan referansi pekerjaan jika ada.

Cari Pekerjaan Baru? Intip Tips Membuat CV, yuk! | Breaktime
Sebelum wawancara, Anda harus lolos dengan CV, B’timers

Curriculum Vitae yang sempurna adalah yang Anda cetak di atas kertas putih bersih dengan tulisan yang jelas, B’timers. Selain itu Anda juga harus memperhatikan tata letak di dalamnya, agar terlihat rapi serta tersusun dengan urutan yang benar. Hindari untuk melipat CV. Karena itu sebaiknya Anda menggunakan amplop A4 untuk mengirimkan surat lamaran Anda, B’timers. Jangan lupa untuk memasukkan informasi penting Anda, ya?

Hindari memasukkan informasi yang berlebihan dalam Curriculum Vitae Anda, B’timers. Sebuah CV yang baik adalah CV yang disusun dengan jelas, ringkas dan juga memasukkan setiap informasi dengan sesuai seperti yang Anda miliki. Jangan sampai CV Anda terdiri atas lebih dari dua lembar. Hal seperti ini justru akan membuat pihak perusahaan malas membaca detail yang Anda tampilkan di dalam Daftar Riwayat Hidup pada lamaran.

Tips untuk membuat CV yang baik adalah dengan memahami deskripsi pekerjaan yang akan Anda lamar, B’timers. Dan sebenarnya semua petunjuk yang Anda butuhkan dari posisi yang Anda inginkan terdapat di lamaran pekerjaan, kok. So, usahakanlah untuk selalu membaca lamaran pekerjaan secara detail dari awal hingga akhir. Catatlah informasi penting yang Anda dapatkan di saat membaca lamaran pekerjaan terlebih dahulu.

Baca juga : PROFESI PRIA INI YANG PALING DIDAMBAKAN WANITA!

Jika Anda sudah memutuskan akan mengirim lamaran kepada perusahaan tersebut, jangan lupa Anda perlu membuat CV yang sesuai dengan posisi yang diinginkan, B’timers. Setiap Curriculum Vitae yang akan Anda kirimkan harus sesuai. Apabila Anda ingin menunjukkan bakat dengan mengirimkan CV unik, usahakan untuk merancang CV dengan berbeda, tapi tetap terlihat resmi dan tidak berantakan. Dan jaga agar tetap relevan.

Cari Pekerjaan Baru? Intip Tips Membuat CV, yuk! | Breaktime
Tuliskan CV Anda seperti seorang profesional

Tips membuat CV yang disarankan oleh profesional adalah dengan memasukkan ketrampilan yang Anda miliki di dalam surat lamaran, B’timers. Tips yang satu ini merupakan kunci terpenting yang harus Anda lakukan jika ingin menarik hati pihak perusahaan dari surat lamaran dan Curriculum Vitae. Misalnya dari ketrampilan komputer, keahlian berkomunikasi, kemampuan bekerja dalam tim dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Yang paling penting di dalam membuat Curriculum Vitae adalah dengan secara rutin memperbarui CV Anda, B’timers. Setidaknya setiap beberapa bulan sekali, setiap Anda mendapatkan ketrampilan baru, sertakanlah poin tersebut di dalam CV Anda. Bahkan meskipun itu hanya sebagai relawan atau bekerja di dalam proyek baru. Hal-hal seperti ini akan langsung membuat pihak perusahaan terkesan dengan poin di dalam diri Anda.

Itulah beberapa tips membuat CV yang harus Anda perhatikan, B’timers! Jangan patah semangat ketika pekerjaan tak kunjung datang, ya? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE