Cara untuk Bersikap Netral Saat Teman Bertengkar | Breaktime
Cara untuk Bersikap Netral Saat Teman Bertengkar
30.08.2016

Berada si situasi antara dua teman yang sedang bertengkar memang tidak enak, ya, B’timers. Baik itu rekan kerja, tetangga, atau sahabat Anda sendiri, tentu rasanya tidak nyaman. Jika Anda terlihat mengobrol saja dengan salah satu pihak, maka pihak lainnya bisa-bisa marah dan merasa tersinggung. Lalu harus bagaimana? Yang terbaik adalah tetap bersikap netral, ini caranya:

Tidak memihak siapapun

Jika teman Anda berbicara tentang teman lain yang sedang bertengkar dengannya, hindari saja obrolan itu dengan halus. Dengarkan dan tanggapi dengan diam, jangan sampai mengatakan hal-hal yang membuat Anda menyesal nantinya.

Jujur dan terbuka

Sampaikan apa yang Anda rasakan kepada teman-teman Anda. Biarkan mereka tahu Anda peduli dan menghargai persahabatan mereka, dan bahwa Anda takkan memihak siapapun.

Membuka memori manis

Ingatkan mereka tentang saat-saat manis yang pernah mereka lalui. Bawa kembali memori yang membuat mereka tersenyum, itu bisa membuat mereka sadar betapa persahabatan mereka jauh lebih penting daripada pertengkaran.

Cara untuk Bersikap Netral Saat Teman Bertengkar | Breaktime
Saling diam tak menyapa biasa terjadi saat bertengkar

Bijak jadi penengah

Jadilah teman yang baik dengan selalu ada untuk mereka. Namun, apapun yang mereka ingin sampaikan, biarkan mereka saling berbicara sendiri secara langsung.

Beri mereka waktu

Jika teman-teman Anda bertengkar karena masalah yang serius, mungkin bahkan setelah memaafkan, mereka takkan mudah melupakan. Tidak apa, biarkan saja, mereka hanya membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka di hati mereka, berikan mereka waktu.

Terjebak di tengah-tengah, antara dua teman yang bertengkar memang tidak menyenangkan dan tak nyaman. Tentu Anda ingin semua segera kembali normal, namun tak mungkin semuanya selesai dalam satu malam. Teman-teman Anda juga membutuhkan proses dan waktu untuk berbaikan seperti sedia kala. Karena itulah B’timers, jadilah teman yang baik dan tetap selalu ada untuk mereka. (md)

Share This Article