Cara Berikan Dukungan Pada Mereka yang Berduka | Breaktime
Cara Terbaik Berikan Dukungan Pada Mereka yang Sedang Berduka
17.12.2015

Perasaan sedih yang mendalam adalah hal yang manusiawi. Dan pastinya selama kita hidup pasti akan mengalaminya. Kematian orang-orang yang kita sayangi, kepergian sahabat yang selama ini mememani hari-hari kita, atau bahkan kehilangan hewan peliharaan, hal-hal seperti itu akan menyebabkan kita tenggelam dalam kesedihan.

Ketika mendapati seseorang terluka, yang paling ingin kita lakukan hanyalah berada di sisinya untuk menunjukkan mereka tidak sendirian. Tapi terkadang sulit untuk memilih kata yang pas untuk menghibur mereka. Nah, Breaktime akan bagikan cara yang tepat untuk menghibur orang-orang terdekat yang sedang bersedih:

Coba memahami perasaan mereka

Jika Anda memiliki pengalaman yang sama, mungkin akan lebih mudah untuk menghibur mereka. Namun bukan berarti mereka yang tidak pernah merasa kehilangan tidak mampu membantu kawan yang tengah bersedih.

Banyak buku yang bisa Anda baca untuk membantu mengerti perasaan orang yang sedang terluka. Dan cara untuk menolong mereka melalui masalah tersebut. Usahakan jangan terlalu banyak memberi saran. Saat tengah berduka, biasanya mereka akan mengabaikan kata-kata yang kita ucapkan, karena menganggap orang lain tidak mampu memahami apa yang sedang mereka alami. Cukup katakan pada mereka untuk belajar menerimanya, dan beri pengertian bahwa masih ada masa depan yang harus mereka jalani.

Cara Berikan Dukungan Pada Mereka yang Berduka | Breaktime
Hanya dengan mendengarkan mereka, kita sudah membantu meringankan luka

Dengarkan apapun yang mereka katakan

Banyak yang tidak mengizinkan orang lain untuk menghibur mereka. Biasanya orang tersebut terlalu tenggelam dalam perasaannya sendiri sehingga mengabaikan yang lain. Jika menemui orang seperti ini, jangan mudah menyerah untuk terus mendampinginya, B’timers. Karena bagaimanapun akan lebih baik untuk menghadapi kenyataan daripada terus memikirkan mereka yang telah pergi.

Hindari obrolan bertema kematian atau perpisahan dengan mereka. Anda bisa tanyakan, apakah mereka ingin menceritakan perasaannya. Dan ketika mereka mulai berbicara, yang perlu Anda lakukan hanya duduk dan dengarkan mereka. Genggam tangan mereka untuk memberi tanda Anda ada untuk mereka. Memiliki seseorang yang perhatian dan menyayangi mereka ada di sampingnya, adalah kunci penting untuk proses penyembuhan dari luka tersebut.

Sebenarnya tidak sulit menghadapi seseorang yang dilanda duka mendalam. Intinya, Anda harus sering menampakkan diri di depannya. Meskipun hanya mampir sebelum berangkat kerja, dan menanyakan apakah mereka butuh sesuatu untuk makan malam. Dan merupakan hal yang wajar jika mereka memerlukan waktu sampai berbulan-bulan untuk bisa sembuh dari lukanya. (no)

Share This Article