Cara Berinteraksi dengan Orang yang Tidak Kita Suka | Breaktime
Cara Pintar Berinteraksi dengan Orang yang Tidak Kita Suka
28.12.2015

Di dunia yang sempurna, tentu setiap orang yang kita jumpai bersikap baik, ramah, menyenangkan dan menyukai kita. Sayangnya, kita tidak hidup di dunia yang sempurna, B’timers. Karena itulah, sangat wajar jika ada orang yang bersikap menyebalkan atau mungkin menngganggu. Anda pun tak bisa memaksakan diri menyukai setiap orang yang Anda temui, bukan?

Nah, meniru cara orang-orang sukses, inilah cara cerdas untuk berinteraksi dengan mereka yang tidak kita suka:

Menerima bahwa kita tidak mungkin menyukai semua orang

Kadang kita merasa bahwa kita orang baik, dan setiap orang yang berinteraksi dengan kita pasti menyukai kita. Padahal, itu tidak mungkin, karena setiap orang punya prinsip dan pandangan yang berbeda dengan kita, dan itulah yang menimbulkan perbedaan.

Tetap berhubungan baik dengan mereka

Bukan tak mungkin Anda merasa terganggu dengan respon mereka terhadap Anda. Memang tak mudah, namun cara terbaik adalah dengan tetap bersikap baik kepada mereka. Bukankah setiap orang juga tetap toleran kepada Anda meskipun Anda tak sempurna?

Menyadari apa yang kita harapkan dari orang lain

Terkadang kita berharap terlalu tinggi terhadap orang lain, sehingga rasanya sangat sakit saat menerima kenyataan bahwa mereka tak bersikap seperti yang kita harapkan. Karena itulah, wajarlah dalam berharap dan terimalah kekurangan orang lain dengan besar hati.

Cara Berinteraksi dengan Orang yang Tidak Kita Suka | Breaktime
Tetaplah bersikap baik kepada orang yang tidak disukai

Lebih fokus ke dalam dan melihat diri sendiri

Tak peduli seberapa keras kita mencoba beradaptasi, tetap ada saja orang-orang yang tidak kita sukai. Daripada memikirkan orang lain, sebaiknya fokus ke dalam dan lihat diri sendiri, serta perubahan apa yang bisa Anda lakukan.

Berhenti sejenak dan tarik napas dalam-dalam

Kapanpun dan di manapun, ada saja seseorang atau sesuatu yang membuat kita kesal. Kalau sudah begini, rasanya pasti ingin marah saja. Namun, orang sukses akan lebih memilih diam, sebentar saja, menarik napas dalam-dalam, barulah memutuskan apa yang pantas diucapkan dan dilakukan.

Memberikan jarak dan ruang untuk diri mereka sendiri

Jika keadaan terasa sangat buruk dan tak bisa lagi diatasi, jalan terbaik adalah menjauhi orang yang tidak Anda suka untuk sementara. Berikan diri Anda ruang dan waktu untuk menjernihkan pikiran, barulah nanti kembali berinteraksi dengan perasaan yang lebih tenang.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang tidak disukai. Bukan dengan menjauhi atau memusuhi mereka, namun cara yang dewasa adalah dengan tetap bersikap baik tanpa harus memaksa diri B’timers menyukai mereka. (md)

Share This Article