Cara Mudah Melakukan Meditasi untuk Para Pemula | Breaktime
Cara Mudah Melakukan Meditasi untuk Para Pemula
06.06.2016

Meditasi adalah teknik yang sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat kualitas hidup jadi lebih baik. Meditasi juga dapat membantu Anda untuk lebih bersantai, meningkatkan pemahaman diri dan mengembangkan potensi yang melekat pada diri Anda. Anda yang sudah lama melakukan meditasi pasti sudah merasakan manfaat besar tersebut.

Namun, jangan berkecil hati jika Anda belum pernah melakukan meditasi sekalipun. Jika Anda ingin memulainya sekarang, perhatikan tips meditasi mudah berikut ini, ya!

Pilih tempat yang kondusif

Untuk meditasi, carilah tempat yang baik dan tenang di mana Anda tidak akan terganggu selama melakukan lima belas menit meditasi atau lebih. Duduklah bersila dengan santai dan letakkan masing-masing tangan Anda di kedua lutut. Jika Anda tidak bisa bersila, Anda bisa duduk di kursi dengan kaki Anda turun ke tanah dengan posisi badan tegak.

Cara Mudah Melakukan Meditasi untuk Para Pemula | Breaktime
Suasana alam yang sunyi cocok untuk meditasi

Bernapas pelan dan dalam

Tutup mata Anda dengan lembut dan arahkan tatapan mata ke bawah. Mulailah dengan menarik napas pelan-pelan dan dalam. Hirup dengan hidung dan buang dari mulut Anda. Yang perlu dicatat, jangan memaksa pernapasan Anda, biarkan datang secara alami. Selama menarik napas di hitungan pertama, udara cenderung dangkal dan dada terasa sesak. Namun, semakin terbiasa Anda melakukannya, semakin dalam napas Anda dan terasa semakin baik.

Be aware!

Ketika Anda bernapas dalam-dalam, Anda akan mulai merasa lebih tenang dan santai. Itu adalah pertanda baik, B‘timers. Sekarang , fokuskan perhatian Anda pada pernapasan saja. Rasakan setiap napas yang Anda ambil dalam melalui hidung Anda, rasakan juga setiap napas yang dihembuskan melalui mulut Anda. Terus berfokuslah pada napas Anda selama yang Anda inginkan.

Cara Mudah Melakukan Meditasi untuk Para Pemula | Breaktime
Semakin dalam napas Anda semakin baik

Di akhir meditasi

Ketika Anda siap untuk mengakhiri sesi meditasi, buka mata Anda dan berdirilah perlahan-lahan. Regangkan diri dan perluas kesadaran dan siap melakukan kegiatan berikutnya. Well, selamat. B’timers! Meditasi sudah selesai dilakukan dengan baik! (nap)

Share This Article