Cara Jitu Memberi Simpati Saat Teman Bersedih | Breaktime
Cara Jitu Memberi Simpati Saat Teman Bersedih
26.03.2016

Kesedihan yang mendalam karena ditinggal atau berpisah oleh orang yang disayang terkadang membuat seseorag menjadi depresi. Berawal dari menangis, stres dan kemudian perubahan sikap adalah dampak dari kesedihan tersebut. Pasti sangat menyakitkan bukan? Terlebih lagi hal tersebut terjadi pada orang terdekat kita. Dan akan lebih menyakitkan lagi apabila diri sendiri hanya bisa diam karena tidak tahu cara memberi simpati.

Ya, memang tidak mudah untuk bisa menyampaikan simpati pada seseorang. Terlebih lagi Anda bukan seorang penyair atau pintar mengolah kata. Tapi tenang B'timers, Anda bisa melakukannya apabila Anda mengikuti cara berikut :

Cara Jitu Memberi Simpati Saat Teman Bersedih | Breaktime
Kehilangan orang terdekat memang sangat menyedihkan

Dengarkan

Ya, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menunjukan simpati adalah mendengarkan. Dengarkan semua kisahnya dengan baik dan jangan memotong pembicaraannya. Tunggu ia sampai selesai menceritakan semua kesedihannya dengan seksama.

Hindari klise

Gunakan ide Anda sendiri dalam menyampaikan simpati. Sebisa mungkin tidak menggunakan kalimat-kalimat mutiara yang sudah sering digunakan. atau sudah klise. Klise adalah kalimat-kalimat menarik yang sudah kehilangan citranya karena terlalu sering digunakan.

Jangan berfokus pada negatifnya

Cara memberi simpati selanjutnya adalah Jangan terpaku kepada hal negatif. Maksudnya adalah tidak memperburuk situasi akan kehilangan. Ingatlah, Anda di sini untuk memberikan simpati yang membangun, bukan menurunkannya dan membuat seseorang makin terpuruk. Jadi berikan simpati yang memotivasi agar ia mampu bangkit setelah ini.

Peduli

Apabila Anda hidup di kota yang sama atau bahkan bertetangga dengan ia yang ditinggalkan, tunjukan rasa simpati Anda dengan mengunjunginya. Meskipun hanya sekadar menyapa atau memberikannya beberapa roti merupakan wujud dari peduli. Itu semua cukup untuk menunjukan bahwa Anda simpati.

Nah itulah cara memberi simpati yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan nyata. Jangan terburu-buru dan bersabarlah di setiap langkah saat Anda hendak menunjukan simpati. Selamat mencoba B'timers. (wsu)

Share This Article