Cara Ini Ampuh Ajarkan Kebudayaan Pada Anak! | Breaktime
Cara Ini Ampuh Ajarkan Kebudayaan Pada Anak!
09.08.2017

Tepat 9 Agustus ini kita memperingati Hari Masyarakat Adat Se-dunia. Hari Masyarakat Adat Se-dunia ini juga dikenal dengan International Day of the World’s Indigenous Peoples. Penetapan tanggal ini dilakukan oleh Majelis Umum PBB melalui resolusi 49/214 tertanggal 23 Desember 1994. Tanggal tersebut dipilih, karena hari pertemuan pertama Kelompok Kerja PBB untuk Masyarakat Adat Sub-Komisi untuk Promosi dan Perlindungan Hak Asasi Manusia pada tahun 1982.

Pada intinya hal tersebut dilakukan untuk memperkuat kerjasama internasional demi memecahkan masalah yang sering dihadapi masyarakat adat seperti hak asasi manusia, lingkungan, pembangunan, pendidikan, kesehatan, dan banyak lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kidal Berpengaruh terhadap Tumbuh Kembang Anak?

Untuk itu, rasa saling menghargai sesama tanpa pandang bulu memang harus diterapkan sejak usia dini. Mungkin sebagai masyarakat biasa kita tak akan bisa turut serta membantu dalam bidang pembangunan, pendidikan, dan kesehatan. Namun kita sebagai orang tua bisa mengajarkan pada buah hati untuk melestarikan budaya leluhur dan menghargai sesama warga Indonesia.

Diawali dengan pembentukan karakter yang baik. Hal ini mampu menghasilkan generasi emas demi kemajuan bangsa. Pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai budaya Indonesia tanpa melupakan globalisasi menjadi usaha yang baik untuk pembangunan ke depan.

Sebagai orang tua, kita juga harus menjadi teladan yang baik. Kita juga harus mencintai budaya daerah di tempat Anda tinggal. Ketika buah hati melihat orang tuanya begitu menghargai dan mencintai budayanya, maka secara tak sadar mereka juga akan meniru kebiasaan Anda.

Cara Ini Ampuh Ajarkan Kebudayaan Pada Anak! | Breaktime
Ajarkan kebudayaan pada anak (depok.go.id)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Begini Cara Untuk Move On Dari Kantor Lama

Moms juga bisa membiasakan bilingual di dalam keluarga. Tak masalah jika Anda menggunakan bahasa Inggris pada anak. Namun, jangan pernah melupakan bahasa daerah. Anda bisa membuat jadwal harian dalam berbahasa. Keuntungannya juga anak Anda bisa berbicara dalam beberapa bahasa. Ini juga bisa mempengaruhi kinerja otaknya, lho. Seseorang yang mampu berbicara dalam banyak bahasa bisa meningkatkan intensitas perhatian dan ingatannya.

Hal tersebut terbukti dari seorang psikolog, Ellen Bialystik, yang melakukan studi terhadap kaum imigran di Universitas York, Kanada. Ia menyebutkan bahwa orang yang bicara dua bahasa memiliki kecenderungan menunda kepikunan hingga lima tahun dibandingkan dengan satu bahasa. Penundaan akan semakin lambat jika berbicara dalam tiga bahasa mencapai 6 tahun dan empat bahasa hingga 9 tahun.

Berwisata atau traveling juga bisa mengajarkan anak tentang budaya dan bahkan bisa memperkenalkan wujud asli masyarakat adat di Indonesia. Terlalu sering membawa anak ke mall atau tempat-tempat hiburan anak hanya akan membuatnya senang. Jarang sekali pelajaran yang bisa diambil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Ini Saat Anak Sedang Kritis

Namun, ketika Anda memutuskan untuk mengajak mereka traveling ke Jogja, Lombok, Bali, Flores, Kalimantan, hingga Papua, mereka akan banyak mendapatkan pelajaran. Misalnya saja pelajaran tentang bersosialisasi dengan masyarakat lokal, belajar tentang kehidupan baru seperti yang dilakukan oleh masyarakat setempat, dan masih banyak lagi. Itu semua bisa menjadi pendidikan dan pengalaman luar biasa untuk buah hati, karena mereka tidak akan mendapatkannya di sekolah.

Selain budaya, sebagai calon generasi penerus bangsa, Anda juga perlu mengajarkan bagaimana menjaga kesehatan pada buah hati. Jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, mereka pun juga tidak akan bisa belajar dengan baik tentang segala kebudayaan di negeri ini. Kalau perlu Anda melakukan investasi kesehatan demi masa depan keluarga yang lebih baik. Well, dengan cara itulah Anda dan keluarga bisa hidup lebih berkualitas.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE