Cara Cerdas untuk Berhenti Menunda Pekerjaan | Breaktime
Cara Cerdas untuk Berhenti Menunda Pekerjaan
24.02.2016

Coba mengaku, deh, B’timers, pernahkah Anda berada dalam situasi, di mana harus segera membersihkan rumah, namun tidak segera beranjak dari sofa atau depan televisi? Padahal kita tahu, semakin menunda untuk menyelesaikan sesuatu, semakin besar pula Anda melakukannya dengan tergesa-gesa dan oops, ceroboh pastinya.

Terkadang bagi sebagian orang terasa sangat sulit untuk menghentikan aktifitas yang sudah mereka lakukan. Di lain sisi, kita bisa saja merasa sangat berat untuk menggerakkan badan, meskipun setumpuk pekerjaan sudah menunggu di depan mata. Dan pilihan yang Anda lihat adalah, ‘tidak akan masalah jika tidak dilakukan sekarang’ atau ‘aku akan melakukannya besok’. Dan sebenarnya ada tidak ya, cara berhenti menunda seperti yang sering kita lakukan di manapun, B’timers?

1.Make a quick list of to-do things

Dalam rangka untuk menyelesaikan semua tigas tepat waktu tanpa penundaan, adalah hal yang penting untuk membuat daftar cepat tentang hal-hal yang harus segera diselesaikan. Letakkan tugas yang dapat Anda selesaikan pertama di daftar paling atas. Dan lakukan dengan hal yang mudah terlebih dahulu ya, B’timers? Dengan daftar tersebut akan mempersingkat waktu menyelesaikan tugas, lho.

Cara Cerdas untuk Berhenti Menunda Pekerjaan | Breaktime
Prioritaskan mana yang harus segera diselesaikan

2.Biarkan sifat perfeksionisme pergi

Selain membuat to-do list, cara berhenti menunda adalah dengan membiarkan sifat perfeksionisme Anda pergi. Karena sifat tersebut dapat menjadi faktor utama dalam menunda tugas, B’timers. Bila Anda ingin melakukan tugas dengan super sempurna, akan timbul perasaan cemas dan panik tentang hasil akhir. Dan inilah yang membuat Anda memutuskan untuk menunda.

3.Bagi tugas besar menjadi beberapa tugas kecil

Ini juga merupakan teknik yang sangat berguna untuk menyelesaikan tugas yang panjang. Bagi tugas tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, sehingga Anda lebih mudah untuk menyelesaikannya. Nyatanya memang lebih mudah untuk menangani proyek besar dan sulit, ketika tahu Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah awal. Selain itu Anda juga akan merasa lebih bersemangat dan antusias untuk melihat hasil akhirnya.

Cara Cerdas untuk Berhenti Menunda Pekerjaan | Breaktime
Kerjasama dengan rekan kantor untuk menyelesaikan tugas besar

4.Tumbuhkan optimisme pada diri sendiri

Munculnya keraguan sering menyebabkan tertundanya tugas pada waktu tertentu. Jadi, untuk mengalahkan diri sendiri Anda harus menumbuhkan optimisme. Katakan pada diri Anda “Saya bisa melakukannya!” setiap saat rasa malas itu muncul. Dan tantang diri Anda dengan alasan berbeda, mulai dari kesuksesan yang pernah diraih di masa lalu, kekuatan Anda atau harta yang Anda miliki. Dan usahakan untuk lebih fokus pada tujuan mengapa Anda harus mengerjakan tugas tersebut.

Selain itu, manfaatkanlah energi yang Anda miliki, B’timers. Agar lebih produktif, segera selesaikan tugas yang sulit dan menantang pada saat energi Anda masih maksimal. Ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan terasa santai. Jadi, bagaimana cara berhenti menunda, B’timers? You just get started! (NO)

Share This Article