Cara Instan yang Bakal Bikin Anda Merasa Lebih Bahagia | Breaktime
Cara-Cara Instan yang Bakal Bikin Anda Merasa Lebih Bahagia
19.10.2015
“Don’t look for happiness, create it.”

Saat pekerjaan menumpuk dan bos marah-marah, tentu B’timers merasa penat. Saat janji kencan dengan kekasih ternyata harus batal, tentu Anda pun merasa sedih. Ya, terkadang hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam hidup kita. Dan, mungkin saja kita tidak siap untuk menghadapinya. Nah, ketika Anda sudah merasa tak sanggup, cara-cara ini bisa membuat Anda bahagia seketika:

Seks, olahraga, sosialisasi

Menurut Matthew A. Killingsworth dan Daniel T. Gilbert dari Harvard University, berdasarkan hasil riset yang mereka lakukan terhadap 5.000 orang dari 83 negara, mereka paling merasa bahagia karena seks, olahraga dan sosialisasi. Jadi, Anda bisa melakukan kontak fisik seperti pelukan dengan keluarga dan orang-orang tercinta, banyak berolahraga dan juga bersosialisasi.

Cobalah tersenyum

Ada banyak cara cepat untuk merasa lebih ceria dan bahagia. Nah, apa yang paling efektif? Tersenyum! Ya, jika Anda sedikit lebih ekspresif saja dengan lebih sering tersenyum, itu sudah sangat cukup untuk membuat hati jadi lebih lega dan bahagia.

Melihat ke “bawah”

Saat Anda merasa putus asa dan terpuruk, ingatlah, masih banyak orang yang jauh lebih susah daripada Anda. Ini akan membuat Anda lebih bersyukur dan merasa bahaagia. Demikian menurut Bauer, research associate di Sunnybrook Health Science Centre sekaligus psikolog di Cognitive Behavioural Therapy Associates.

Cara Instan yang Bakal Bikin Anda Merasa Lebih Bahagia | Breaktime
Tersenyum dapat membuat Anda merasa bahagia seketika

Kegiatan kognitif

Melakukan aktivitas kognitif dapat membantu mengurangi bad mood. Dengan melakukan kegiatan kognitif seperti misalnya berhitung dengan angka-angka, itu bisa membantu mengatasi emosi negatif dan membuat perspektif seseorang jadi lebih netral, dibandingkan jika Anda terus menerus membayangkan hal yang emosional, misalnya ingin kembali berhubungan dengan mantan kekasih.

Cukup istirahat

Studi menunjukkan bahwa saat tubuh terlalu lelah, kita akan lebih mudah memikirkan dan merasakan hal-hal negatif. Jadi, yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup. Saat kurang tidur, Anda akan cenderung merasa murung dan suram, kebalikan dari saat Anda cukup tidur. Anda akan lebih mudah mengingat hal-hal dan kenangan yang membahagiakan.

Nah, itulah kunci untuk merasakan bahagia secara instan. Dengan melakukan hal-hal sederhana tadi, B’timers bisa seketika mengubah bad mood menjadi good mood dan hari Anda akan kembali cerah ceria.

Share This Article