Buktikan Sendiri Efek Minyak Aromaterapi ini! | Breaktime
Buktikan Sendiri Efek Minyak Aromaterapi ini, B’timers!
04.02.2016

Minyak aromaterapi atau minyak esensial tidak hanya digunakan untuk memberikan aroma segar saat digunakan, lho! Efek minyak aromaterapi termasuk mampu memperbaiki jiwa secara mental, fisik, hingga emosional. Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit atau hanya dengan menghirup aromanya saja. Berikut beberapa variasi dari minyak aromaterapi beserta manfaatnya bagi Anda.

1.Lavender

Salah satu minyak aromaterapi yang paling serbaguna adalah lavender. Selain memberikan efek rileksasi dari aromanya, lavender juga mampu mengurangi memar, luka hingga iritasi kulit. B’timers juga dapat menurunkan hormon stres dalam diri Anda hanya dengan mengirup aromanya. Meneteskan pada bantal sebelum tidur juga membantu B’timers mendapatkan tidur yang berkualitas.

Buktikan Sendiri Efek Minyak Aromaterapi ini! | Breaktime
Minyak lavender yang mampu mengurangi iritasi kulit Anda

2.Chamomile

B’timers pasti sudah akrab dengan teh chamomile yang dijual di pasaran. Selain ada dalam teh, Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk minyak esensial. Aroma chamomile, baik dalam teh maupun dalam minyak esensial, sama-sama memberikan efek yang merilekskan. Sangat pas jika B’timers meneteskan sedikit minyak chamomile di atas bantal sebelum tidur sekaligus menikmati teh chamomile, Anda akan bangun dengan tubuh yang lebih segar dan bersemangat.

3.Lemon

Sama dengan fungsi air perasan jeruk lemon, minyak aromaterapi lemon juga berfungsi sebagai penghilang jerawat pada kulit Anda. Efek minyak aromaterapi lemon lainnya adalah sebagai detoks tubuh dan mampu meningkatkan fokus serta daya konsentrasi Anda. Jika B’timers memiliki hewan peliharaan, Anda bisa mengaplikasikan minyak lemon untuk mengusir kutu yang tinggal dalam kulit peliharaan kesayangan Anda.

4.Oregano

Jika B’timers beranggapan oregano hanya bisa digunakan dalam makanan saja, maka Anda melewatkan minyak aromaterapi satu ini. Oregano memiliki aroma khas yang mampu mengusir bakteri sehingga menjaga Anda dari serangan flu dan berbagai penyakit menular lainnya. B’timers bisa meneteskan sedikit minyak oregano pada lidah untuk menyembuhkan flu Anda.

Buktikan Sendiri Efek Minyak Aromaterapi ini! | Breaktime
Memberi efek rileks dan menyegarkan saat massage

5.Peppermint

Seperti aromanya yang menyegarkan, peppermint berfungsi menstimulasi dan membangkitkan pikiran menjadi lebih siaga. Dr. William N. Denver dari University of Cinncinati membuktikan bahwa dengan menghirup aroma peppermint mampu meningkatkan ketepatan otak hingga 28 persen. B’timers bisa mencampurkan dengan air lalu meminumnya sebagai pengobatan dari dalam.

6.Eucalyptus

Eucalyptus memiliki efek yang hampir sama dengan oregano. B’timers bisa menggunakannya untuk menyembuhkan flu atau alergi yang sedang Anda serita. Aroma dari eucalyptus mampu merilekskan otot, menghilangkan hidung tersumbat, dan menjaga sistem imun tubuh. Oleskan di batang hidung untuk menghilangkan hidung tersumbat, atau mengoleskan pada bagian tubuh yang bengkak.

Wow, ternyata masing-masing memiliki efek minyak aromaterapi yang berbeda! Untuk menghindari iritasi dari minyak aromaterapi berkonsentrasi tinggi, sebaiknya Anda mencampurnya dengan segelas air hangat kemudian mengaplikasikannya dengan handuk. Dengan begitu kesehatan Anda akan lebih terjaga tanpa perlu banyak konsumsi obat, kan? Selamat mencoba! (ft)

Share This Article