Bukti Otak Wanita Lebih Aktif Daripada Pria | Breaktime
Bukti Otak Wanita Lebih Aktif Daripada Pria
12.08.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Otak wanita lebih aktif daripada otak pria



Wanita dikenal sebagai sosok pemikir dalam segala hal dan cenderung sering mengalami keragu-raguan daibandingkan dengan pria. Pada kenyataannya, otak perempuan lebih aktif dibandingkan dengan pria. Terlebih lagi dalam hal pengendalian dan fokus impuls serta area emosional otak. Lebih ke suasana hati dan kecemasan. Namun, pada bagian visual dan koordinasi, otak pria lebih aktif.

Meski lebih aktif dibandingkan dengan pria, wanita lebih cenderung beresiko mengalami penyakit Alzheimer. Faktor utama dari penyakit ini adalah depresi dan gangguan kecemasan. Sementara para pria lebih cenderung terkena gangguan konsentrasi dan pemusatan perhatian yang lebih tinggi.

Daniel Amen yang merupaka seorang psikiater pendiri Amen Clinics di California menuliskan dalam laporannya tentang perbedaan kuantitatif yang diidentifikasi antara pria dan wanita untuk memahami resiko gangguan otak berdasarkan gender.

Bukti Otak Wanita Lebih Aktif Daripada Pria | Breaktime
Otak wanita lebih aktif dibandingkan dengan pria

Baca juga : INI YANG AKAN TERJADI PADA OTAK SAAT ANDA DIBIUS

Mereka mengamati pemindaian otak dari 119 responden sehat dan 26 ribu pasien dengan kondisi kejiwaan termasuk trauma otak, bipolar, moody, skizofrenia, dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Faktanya bahwa wanita menunjukkan aliran darah yang lebih besar di korteks prefrontal dibandingkan dengan para kaum adam. Hal ini pula yang menjelaskan mengapa wanita menunjukkan kecenderungan yang lebih besar dalam segi empati, intuisi, kerjasama, pengendalian diri, dan perhatian yang sangat tepat.

Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan peningkatan aliran darah di daerah limbik otak wanita. Hal tersebut menjelaskan mengapa wanita lebih rentan terhadap kecemasan, depresi, insomnia, dan gangguan makan.

Kesimpulannya, baik pria atau wanita memiliki porsinya sendiri-sendiri. Meski otak wanita dirasa lebih aktif, para kaum hawa juga memiliki resiko gangguan otak yang tak bisa dianggap remeh. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE